Akhirnya Saluran Irigasi Sungai Nelengau “Dibedah”

by
Plt Bupati BS Gusnan Mulyadi didampingi Kadis PUPR Silustero meninjau Saluran Irigasi Ganjuh

LINTASBENGKULU.COM, Bengkulu Selatan – Setelah mensurvei saluran irigasi yang tidak berfungsi dengan baik di Desa Ganjuh Kecamatan Pino. Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Bengkulu Selatan akhirnya “membedah” aliran air Sungai Nelengau.

Itu dilakukan agar arus sungai tersebut kembali mengairi saluran irigasi yang merupakan sumber air dari 600 hektare lebih sawah masyarakat di Desa Ganjuh.

“Hari ini bersama Dinas PUPR kita lakukan pengerukan pinggiran sungai Air Nelengau, hal ini supaya arus sungai kembali mengairi saluran irigasi masyarakat,” kata Plt Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi saat meninjau pengerjaan proyek tersebut, Rabu (9/1/2019).

Dikatakan Gusnan, dengan adanya pembedahan alur sungai tersebut diharapkan dapat mengairi kembali hamparan sawah masyarakat Desa Ganjuh.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Bengkulu Selatan, Ir. Silustero mengatakan, kondisi alam mengubah jalur aliran sungai yang kemudian menyebabkan bangunan penahan air menjadi tidak berfungsi yang menyebabkan saluran airnya kering.

Tidak hanya itu, banyaknya batuan dan krokos dari sungai juga menjadi faktor penyebab.

“Ini kita lakukan pengerukan supaya aliran sungai kembali dapat mengairi hamparan sawah masyarakat. Sekitar satu atau dua bulan diperkirakan pengerjaan akan selesai,” pungkas Silustero. (tom)

(Sumber: MC Bengkulu Selatan)