ASN BS Tertipu Ratusan Juta “Akun Palsu Kabid Mutasi”

by

//Polisi Mulai Lakukan Penyelidikan//
LINTASBENGKULU.COM, BS – Akhir-akhir ini ASN dilingkungan Pemkab Bengkulu Selatan (BS) dihebohkan dengan adanya informasi penipuan melalui akun Facbook (FB) palsu atas nama Kabid Mutasi BKPSDM BS, Nico Dwipayana.

Informasi diperoleh media ini, pelaku yang membuat akun FB baru atas nama Kabid Mutasi Nico Diwipayana itu telah meraup uang ratusan juta dari beberapa korbannya.

Salah seorang korbannya yang berinisial SK, saat dikonfirmasi lintasbengkulu.com di kediamannya, Senin(12/2/18). Kepada awak media Ia mengatakan, kalau dirinya sudah melaporkan permasalahan ini ke pihak penegak hukum.

“Informasi itu benar, saya ditipu oleh akun FB Niko Dwipayana, yang saya komfirmasi pertemanannya pada tanggal 26 November 2017 yang lalu. Pada awalnya saya benar-benar yakin akun FB itu adalah Nico Dwipayana, Kabid Mutasi BKPSDM Bengkulu Selatan. Karena dalam percakapan kami di Inbox itu dia menyebut saya Bucik,” kata korban SK.

Karena dia menyebut saya itu bucik, dan hanya dalam lingkungan keluargalah yang memanggil saya Bucik maka keyakinan saya bertambah kalau yang mempunyai akun ini adalah benar-benar Nico Kabid Mutasi. Percakapan melalui inbox pun dilanjukan, ujar SK.

“Dalam percakapan di Inbox itu, awalnya ia meminta uang sama saya sebesar Rp 10 juta guna untuk mengamnkan posisi jabatan saya. Karena saya tidak mempunyai uang, terjadi tawar menawar hingga ia minta Rp 5 juta. Namun karena saya tidak mempunyai uang sebesar yang diminta, akhirnya saya bantu RP 2 juta yang saya kirim melalui rekening BRI atas nama Noni Nurhayati,” beber korban.

Selanjutnya, pengguna akun Niko Dwipayana ini dalam percakapan melalui Inbox kembali minta tolong kepada korban untuk dicarikan kalau ada yang ingin jabatan baru pada mutasi pejabat Eselon III dan IV pada bulan Januari yang lalu. Karena niat baik untuk membantu sesamanya, korban pun berusaha mencarikan dan akhirnya korbanpun bertambah menjadi 5 orang.

Lima orang korban ini nilai uang yang disetor bervariasi, dari Rp 10 hingga 20 Juta. Uang disetor di dua Rekening, yaitu Rekening Bank Mandiri atas nama Fadilla dan Noni Nurhayati Bank BRI Curup.

“Diantara kelima orang ini ada yang setor Rp 100 juta, karena dijanjikan menjadi Kepala BPKBP3A. Tapi uang Rp 100 juta ini orang yang bersangkutan langsung menyetorkannya ke rekening atas nama Noni Nurhayati dengan cara transfer antar rekening. Kalau 4 orang lagi itu saya langsung yang setor. Transaksinya itu mulai dari tanggal 2 hinga tanggal 14 Desember 2017. Total seluruhnya yang disetor Rp 194 juta,” kata SK.

Menurut korban SK, dirinya baru menyadari kalau sudah tertipu akun FB palsu tersebut berawal korban sendiri mendatangi Kabid Mutasi Nico Dwipayana untuk memastikan kebenarannya. Ternyata Kabid Mutasi BKPSDM Pemkab BS itu menyangkal kalau dirinya tidak pernah meminta uang kepada siapapun dalam mutasi jabatan. Korban SK pun akhirnya melaporkan kejadian ini ke Sat Reskrim Polres Bengkulu Selatan pada tanggal 15 Desember 2017.