Banjir Darat Sawah Ilir, Pemda Akan Surati Balai Bendungan Provinsi

by

Lintasbengkulu.com – Untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya Banjir di Desa Darat Sawah Ilir Kecamatan Seginim, ditemani Kabit Pengairan Dinas PU beserta Camat Seginim Sairi, Wakil Bupati Bengkulu Selatan Gusnan mulyadi SE MM mendatangi desa tersebut.

Menurut keterangan Gusnan, salah satu penyebab banjir yang terjadi di Desa darat Sawah Ilir karena saluran irigasi Air Gatal ke soplesi Air Terpa di tutup oleh warga. Akibatnya jika hujan turun, maka air meluber kemana-mana dan berakibat mengakibatkan banjir.

Selain itu Gusnan juga mengatakan, banjir tersebut juga ditengarai karena saluran irigasi Air Gatal ke Air Nipis ukurannya terlalu sempit. “Kita juga menemukan adanya saluran air yang dibendung oleh warga pemilik kolam, yang mengakibatkan banjir sampai ke rumah warga,” kata Wabub.

Menanggapi hal tersebut, Wabup berencana akan menurunkan pihak balai bendungan Provinsi Bengkulu untuk mengatasi keluhan warga karena wilayahnya tergenang banjir.

“Hari ini (20/7/2016), Dinas PU Bidang Pengairan akan meninjau langsung dan akan membuat kajian speklis umum, sebagai bahan mereka sebelum pihak balai provinsi turun ke lapangan,” ujar Gusnan selesai mengikuti Paripurna.

Lebih lanjut Gusnan menegaskan, bahwa pemerintah tidak akan menutup kolam milik warga, namun hanya akan memperbaiki supaya tidak mengganggu aliran irigasi.

“Lusa akan kita layangkan surat ke balai untuk mengatasi hal ini, karena hal ini sudah puluhan tahun tidak di atasi dan mudah-mudahan tahun depan bisa kita anggarkan,” harap Gusnan. (CW)