BSPN Klaim Suara PDIP Bertambah “Haswat Bertengger di Kursi ke 9 Dapil 1”

by
Holman SE, Kepala BSPN PDI P Cabang Bengkulu Selatan

Lintasbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Badan Saksi Pemenangan Nasional (BSPN) PDIP Cabang Bengkulu Selatan mengklaim suara caleg PDIP pada daerah pemilihan 1 Kabupaten Bengkulu Selatan bertambah di 2 TPS.

Yaitu di TPS 2 Padang Sialang, dari sebelumnya suara PDIP tercatat pada form C1 Plano berjumlah 18 suara, namun setelah dilakukan koreksi kekeliruan, menjadi 28 suara.

Sementara untuk di TPS Ketapang, yakni perolehan suara sebelumnya tercatat di C1 Plano sebanyak 3 suara, namun setelah di lakukan koreksi kekeliruan pada Pleno tingkat Kecamatan, perolehan suara PDIP juga bertambah, sehingga total perolehan suara caleg PDIP Kabupaten Bengkulu Selatan pada salah satu TPS di Ketapang Kecamatan Pasar Manna tersebut menjadi 13 suara.

Kepala BSPN PDI Perjuanagan Cabang Bengkulu Selatan, Holman SE, ia memaklumi adanya kesalahan dan kekeliruan petugas penyelenggara pemilu dalam menginput data perolehan suara. Namun berdasarkan hitungan Internal Partai yang diinput dari C KPU (Berita Acara Pemungutan dan Penghitungan Suara) dan C1 Plano (catatan hasil penghitungan suara) total perolehan suara caleg PDIP pada Dapil I Bengkulu Selatan (Manna, Pasar Manna dan Kota Manna) yaitu berjumlah 5171 (lima ribu seratus tujuh puluh satu) suara, terang Holman, kepada lintasbengkulu.com, Rabu (24/04/2019).

Terkait hitung cepat pada situng kpu.go.id, calon legislatif DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan yang bertengger pada posisi kursi ke 1 dari 9 kursi yang diperebutkan pada daerah pemilihan (dapil) III (Bunga Mas, Kedurang Ilir, Kedurang, Air Nipis dan Seginim) ini, Holman, SE mengatakan, kalau situng KPU RI tersebut sipatnya membantu dan hanya sebagai alat kontrol bagi masyarakat untuk menekan adanya kecurangan.

“Iya, pada situng kpu.go.id perolehan suara PDI Perjuangan di daerah pemilihan 1 yaitu 5082 suara. Namun berdasarkan hitungan internal partai, setelah hasil koreksi kekeliruan pada C1 Plano, total perolehan suara PDIP di Dapil 1 yaitu 5171 suara.┬áDasar perolehan suara yang sah itu ada di C1 Plano,” tegas Holman SE.

Dari hitungan internal partai, menempatkan Haswat Mardena ada pada kursi ke 2 calon legislatif PDIP pada Dapil 1. Tapi dari kesuluruhan partai yang mendapatkan kursi DPRD pada daerah pemilihan 1, Haswat ada di posisi ke 9, bukan ke 10, pungkas Holman. (tom)