Bupati Bengkulu Selatan Hadiri Sosialisasi P4GN

by

Lintasbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menghadiri kegiatan sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di aula reptaloka kantor Bupati Bengkulu Selatan, Selasa (23/7/2019).

Menindaklanjuti Permendagri tersebut, disampaikan Gusnan, Pemkab Bengkulu Selatan telah membentuk tim terpadu.

“Sebagai tindaklanjut dari Permendagri, yang pertama kita telah membentuk tim terpadu P4GN yang sudah saya tandatangani. Selanjutnya akan mengadakan rapat-rapat untuk membahas rencana aksi yang sudah disusun bersama pihak terkait,” jelas Gusnan.

Selain membentuk tim terpadu P4GN, ke depannya, Pemkab Bengkulu Selatan juga akan menindaklanjuti hal-hal lain yang dimuat dalam Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 dan turunan peraturan lainnya.

Sementara itu Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu, Brigjen Pol Agus Riansyah menyampaikan bahwa saat ini narkotika merupakan pembunuh nomor satu di Indonesia.

Sementara untuk di Bengkulu Selatan, menurut Agus, merupakan daerah yang belum terpapar parah peredaran narkoba. Sehubungan dengan itu, diminta sinergitas antar pemerintah daerah dan seluruh stakeholder agar bersama-sama memerangi Narkoba.

“Anggaran yang ada terbatas. Makanya diharapkan Pemerintah Daerah mengakomodir anggaran di APBD untuk aksi P4GN,” jelas Agus.

Agus juga menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan bersama Tim Terpadu P4GN membuat peta kerawanan Narkoba berdasarkan kecamatan.

“Untuk memerangi Narkoba juga perlu didukung oleh seluruh OPD dan instansi yang ada se Bengkulu Selatan. Tidak bisa berjalan sendiri-sendiri,” pungkas Agus.

Kegiatan sosialisasi juga dihadiri oleh Kepala BNNK Bengkulu Selatan, Kapolres Bengkulu Selatan, Kepala OPD, Pejabat dan undangan lainnya.

(Adv Pemkab BS)