Bupati Sampaikan Bantuan Masa Panik ke Korban Terdampak Banjir di Pino Raya

by
Bupati BS Gusnan Mulyadi saat menyerahkan bantuan masa panik

Lintasbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Banjir yang menimpa Desa Cinto Mandi dan Telaga Dalam Kecamatan Pino Raya Kemarin (23/7/2019) mengundang perhatian banyak pihak. Termasuk dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Selang waktu sehari dari kejadian banjir, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi mengunjungi korban terdampak banjir. Sekaligus menyerahkan bantuan masa panik kepada 33 KK yang terdampak banjir, 29 KK di Desa Cinto Mandi dan 4 KK di Telaga Dalam.

Bantuan masa panik yang diserahkan berupa tikar, peralatan pel, selimut, sabun cuci, sarden, daging kalengan, seragam sekolah, sekop, ember, gayung, keset dan uang tunai.

“Jangan dilihat nilainya, ini sekedar alakadarnya untuk beli garam atau telur atau sarden. Sekali lagi jangan dilihat nilainya, tapi inilah sebagai rasa kepedulian sesama dan wujud pemerintah hadir di tengah masyarakat,” jelas Gusnan.

Selain memberikan bantuan masa panik, Bupati juga meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) untuk memverifikasi dan memberikan bantuan beras dari Cadangan Pangan Daerah kepada korban terdampak banjir.

“Kepada BPBD dan Dinas Pertanian saya minta untuk mendata dan memverifikasi kerusakan sawah dan tanaman lainnya seperti jagung. Nanti semampunya pemerintah daerah akan memberikan bantuan, mungkin berupa benih dan lain sebagainya,” tandas Gusnan.

Gusnan juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Telaga Dalam dan Cinto Mandi jika kedatangannya beserta rombongan dinilai telat. “Mohon maaf kepada adik sanak, baru hari ini sempat berkunjung. Kemarin dari pagi sebenarnya saya sudah tahu, tapi lantaran padatnya jadwal pagi sampai sore, akhirnya baru hari ini bisa bertemu dengan adik sanak. Namun kemarin saya sudah minta Camat, BPBD dan Dinas Sosial untuk turun ke lokasi,” beber Gusnan.

Kepada warga yang terdampak bencana, Bupati berpesan agar sabar dalam menghadapi bencana dan tidak saling menyalahkan. Untuk mengantisipasi bencana banjir, Gusnan mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan membiasakan gotong royong kebersihan lingkungan. Turut hadir ke lokasi Kepala BPBD Bengkulu Selatan Yarusdi Yunir, Kepala Dinas Sosial Heriyadi, Sekretaris BPBD Asilawati, Kapolsek Pino Raya AKP Sayfrizal, Camat Pino Raya Hendri Farizal, Kades Cinto Mandi Niri D, Kepala Desa Telaga Dalam Sirman dan masyarakat.

(Adv Pemkab Bengkulu Selatan)