Bupati Sarankan Gugat Pemerintah “Kontraktor Pilih Tunggu APBD Perubahan”

by
LINTASBENGKULU.COM, BS – Menindaklanjuti tuntutan puluhan para kontraktor terkait pekerjaan pembangunan proyek pada anggaran tahun 2017 yang lalau, yang hingga saat ini belum dibayar.
Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan berjanji dan tetap bertanggungjawab akan membayar ratusan paket pekerjaan yang senilai 17 M tersebut.
Terkait permasalahan ini, Bupati Bengkulu Selatan H Dirwan Mahmud pada pertemuannya dengan puluhan kontraktor di ruang rapat Komisi DPRD BS, Senin (15/01/17) sekitar pukul 11.15 menjelang siang itu malah menyarankan kepada pihak kontraktor untuk melakukan upaya hukum, dengan menggugat secara perdata Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).
“Agar permasalahan ini tidak berlarut-larut dan cepat selesai,  silahkan gugat pemerintah,” kata Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud.
Menanggapi saran Bupati BS ini, dari pihak rekanan (kontraktor) melalui juru bicaranya Erwin Johan, pada kesempatannya, saran Bupati BS itu di tolak oleh para kontraktor dan memilih untuk tidak melakukan upaya hukum, dalam hal ini tidak akan menggugat Pemerintah daerah.
“Demi nama baik Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan, kami tidak akan menggugat Pemerintah,” kata Ketua Umum Gabkaindo Provinsi Bengkulu, Erwin Johan,  sebagai juru bicara dari para pihak kontraktor dalam pertemuan bersama Bupati dan unsur Pimpinan DPRD BS dan Anggota dewan lainnya itu.
Dijelaskan Erwin,  kalaupun nanti pihak rekanan ini tetap melakukan upaya hukum dengan menggugat Pemerintah. Akan tetapi apabila nanti hasil putusan pengadilan tetap memerintahkan Pemkab BS untuk membayar pada APBDP, kan percuma, ujar Erwin Johan.
“Lebih baik pihak kontraktor tidak melakukan gugatan, tunggu sajalah pada APBDP, kan bupati sudah berjanji akan membayar pada APBDP 2017 ini nanti,” kata Erwin Johan kepada lintasbengkulu.com usai pertemuan.
Dari pantauan media ini pada rapat tersebut, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan akan bertanggungjawab dan tetap akan membayar uang para kontraktor yang terpakai dalam pekerjaan proyek di tahun 2017 itu pada APBD Perubahan 2018 ini. Hal ini diucapkan Bupati Dirwan Mahmud dalam janjinya dihadapan para Anggota dewan.
Namun penganggarannya tetap berpedoman pada pada aturan yang berlaku, dan melalui mekanisme  yang di tentukan.
Untuk meyakinkan para kontraktor tersebut,  Bupati BS Dirwan Mahmud akan membuat surat pernyataan untuk membayar uang para kontraktor tersebut. (tom)