Bupati Terima Keluhan Warga, PT Jatropa Tak Berdayakan Masyarakat Sekitar

by

Lintasbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Pada kunjungan kerjanya ke desa Tanjung Aur II Kecamatan Pino Raya, Minggu (26/1/2020) malam. Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi kembali menerima berbagai keluhan warga terkait keberadaan PT Jatropa Solution (JS).

Diantaranya yakni tidak  diberdayakannya masyarakat sekitar pabrik khususnya warga Desa Tanjung Aur II, Kecamatan Pino Raya dan kebun plasma masyarakat.

Terkait keluhan warga tersebut, Bupati BS Gusnan Mulyadi langsung melemparkan hal ini kepada Manager PT JS, Heru Gunawan, yang hadir saat itu.

“Ya saat pertemuan itu masyarakat kembali menyampaikan keluhan mereka selama ini. Yakni tentang masyarakat desa yang belum diberdayakan di PT Jatropa Solution dan perkebunan plasma. Dan saat itu juga saya langsung melempar pertanyaan itu kepada pihak perusahaan. Alhamdulillah dari pihak PT JS menyatakan kesanggupannya untuk merealisasikan permintaan warga Desa Tanjung Aur II tadi,” beber Bupati usai kunker tersebut.

Lebih lanjut Bupati, meminta kepala desa setempat dan Camat Pino Raya untuk menyampaikan data masyarakat yang akan membuat kebun plasma untuk disampaikan dengan PT Jatropa Solution.

“Kami harap benar – benar direalisasikan pihak PT Jatropa Solution. Mengingat keluhan ini sudah menahun disampaikan masyarakat,” pungkas Bupati.

Pada kesempatan itu juga Bupati menyampaikan sejumlah program prioritas Pemkab Bengkulu Selatan baik yang sudah terlaksana tahun 2019 lalu dan program yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

“Sejumlah program yang kita upgrade seperti melaksanakan verifikasi dan verifikasi Jamkesda agar lebih tepat sasaran, meningkatkan pemanfaatan BOSDa dan rencana Pemkab untuk program satu orang satu sapi dan program kesehatan berobat menggunakan KTP pada tahun 2021 mendatang. Kami sudah pelajari dan garap semoga cepat terealisasi,” pungkas Bupati.

Pada kegiatan Bupati kali ini dihadiri para kepala OPD jajaran Pemkab Bengkulu Selatan dan Manajer PT Jatropa Solution Heru Gunawan.

(Adv Pemkab BS)