Coba Tips Ini, Agar Anak Anda Tak Takut Jarum Suntik

by

Lintasbengkulu.com – Melihat anak yang takut jarum suntik sudah menjadi hal yang umum bagi kita. Ketakutan yang tampak, mulai dari menangis hingga berteriak histeris.

Sebagai orang tua, Anda memiliki peran yang sangat penting membantu buah hati anda untuk mengatasi rasa takunya itu. Apalagi, jarum suntik tidak dapat dihindari oleh anak-anak. Sebab, masa mereka akan banyak vaksinasi dan imunisasi yang wajib mereka terima. Seperti saat ini, imunisasi campak dan measles rubella.

Jika Anda kalah mengatasi rasa takut anak terhadap jarum suntik, maka hal tersebut dapat menghambat proses vaksinasi nya. Tentu juga akan berdampak pada kekebalan tubuhnya.

Ada beberapa tips mudah menghadapi anak agar tidak takut jarum suntik. Dan hal yang terpenting adalah Anda selaku orang tua harus tenang. Pasalnya, banyak juga orang tua yang ikut panik ketika anaknya akan disuntik. Nah, kepanikan orang tua ini justru membuat anak menjadi lebih ketakutan. Maka dari itu, tenangkan diri Anda terlebih dahulu sebelum menenangkan anak.

  • Berikan senyuman kepadanya
Sejumlah penelitian menunjukkan, orang tua yang berkata ‘jangan khawatir’ atau ‘ tidak apa-apa’ justru membuat anak stres karena mereka menangkap ada sesuatu yang mengkhawatirkan. Sebaliknya, jika Anda memperlihatkan senyum dan sikap yang tenang, bisa membuat anak juga merasa tenang.

BACA SELENGKAPNYA DISINI ….