Cuci Kampung, Kades Keban Agung III Serahkan Kambing

by

Lintasbengkulu.com – Setelah menerima satu ekor kambing dan biaya dapur dari Kepala Desa Keban Agung III Kecamatan Kedurang Rik (35) yang ditangkap warga sedang asik berduaan dikamar kos bersama seorang wanita yang bukan mukhrimnya yakni Net (30).  Hari ini Jum’at (12/8/2016) warga RT 14 Keluraha Ibul Kecamatan Kota Manna ini menggelar ritual cuci kampung.

Ketua RT 14 Kelurahan Ibul Yanuar, kepada wartawan mengiakan kalau satu ekor kambing dan sejumlah  biaya dapur sudah diterimanya dari Rik dan Det untuk ritual cuci kampung.

Menurut ketua RT, ritual cuci kampung ini dilaksanakan atas sanksi diberikan kepada keduanya karena melanggar norma adat. Harapannya, dengan adanya ritual cuci kampung ini, kejadian serupa tidak akan terulang lagi di lingkungan mereka.

“Satu ekor kambing dan perlatan dapurnya sudah kita siapkan. Kalaupun nanti pasangan yang dsanksi adat ini tidak datang. Ritual untuk cuci kampong tersbut tetap akan kita laksanakan, walaupun tanpa lehadiran mereka berdua,” terang Yanuar.

Ritual cuci kampung ini dihadiri oleh Lurah Ibul dan Ketua BMA. Dengan dilaksanakannya ritual cuci kampung, semoga kejadian serupa tidak terulang lag,i  khususnya di RT 14 Kelurahan Ibul, ujarnya.

Ritual adat cuci kampung ini dilaksanakan, berawal dari oknum Kades Keban Agung III bersama seorang wanita yang bukan isterinya itu digerebek oleh warga dan anggota Polres Bengkulu Selatan saat sedang berduaan di salah satu kamar kos di RT 14 pada tanggal 1 Agustus 2016 lalu. Atas ulahnya tersebut, Oknum Kades ini terancam  sanksi pemberhentian dari Bupati Bengkulu Selatan. (Cw1)