Dewan Temukan Faktor Penyebab Pencemaran Lingkungan Oleh PT BSL

by
Ketua DPRD BS saat sidak PT BSL

LINTASBENGKULU.COM, BS – Adanya laporan warga terhadap pencemaran lingkungan oleh PT Bengkulu Sawit Lestari (BSL). Hal ini langsung ditindaklanjuti oleh Ketua dan anggota Komisi III DPRD Bengkulu Selatan.

Pada sidak (insfeksi mendadak) nya, Senin (14/05/18) ke pabrik CPO Kelapa Sawit yang berada di Desa Suka Jaya, Kecamatan Kedurang itu, Ketua DPRD BS Yevri Sudianto bersama 2 anggota dewan dari komisi III yakni Isurman dan Farizal, menemukan 2 dugaan faktor penyebab terjadinya pencemaran.

“Dari hasil kelapangan tadi, pada kolam nomor 5 terjadi perembesan dan kolam nomor 3 tanggulnya terlalu rendah,” kata Ketua DPRD BS Yevri Sudianto menjelaskan kepada pihak PT BSL.

Dari dua faktor penyebab tersebut, Yevri berharap pihak PT SBS untuk segera memperbaiki. Sebab kata dia, apabila pada kolam nomor 3 itu tidak segera diperbaiki maka apabila datang hujan, limbah meluap dan langsung tumpah ke sungai Mertam. Begitupun untuk kolam nomor 5, rembesan limbah langsung tumpah ke sungai, sehingga terjadi pencemaran sungai dan segera harus cepat diperbaiki, tegas Ketua DPRD.

Sementara itu dari pihak PT BSL sendiri, menanggapi hasil temuan dewan tersebut pihaknya akan segera memperbaiki. “Akan kami perbaiki secepatnya, mungkin tidak hitungan bulan. Dalam hitungan hari, dua faktor tersebut segera akan diselesaikan. Begitupun untuk cerobong asap juga segera akan di perbaiki,” kata Manager PT BSL Ahmad Syaiful Nst berjanji dihadapan para anggota DPRD BS dan Kepala KLH dan ESDM Erwin Muchsin dan tim. (tom)