Dibawa ke Masa Muda, Habibie Sampaikan Sumpahnya Untuk Ibu Pertiwi

by

Lintasbengkulu.com – Presiden III B.J Habibie mengaku bernostalgia ke masa mudanya ketika menyaksikan film yang kembali mengulas tentang dirinya. Yakni, Rudy Habibie, sekuel kedua dari film Habibie dan Ainun.
‎
“Saya dibawa kembali ke masa-masa waktu muda. Ceritanya benar semua,” ujarnya usai menyaksikan screening film besutan Hanung Bramantyo itu di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Sabtu (25/6)

Lantas, dalam film itu diulas satu sumpah Habibie yang dia ucapkan ketika sakit keras dan ternyata sumpahnya tertulis dalam bentuk puisi.

“Sumpahku. Terletang! Jatuh! Perih! Kesal!‎ Ibu Pertiwi engkau pegangan dalam perjalanan. Janji pusaka dan sakti, tanah tumpah daraku makmur dan suci. Hancur badan tetap berjalan. Jiwa besar dan suci, membawa aku padamu,” tuturnya lugas.

‎Kecintaan Habibie pada Indonesia membuatnya rela melepaskan cinta pertamanya, ‎Ilona Lanovska. Seorang gadis keturunan Polandia-Jerman semasa awal perkuliahan di Rhenisch Wesfalische Tehnisce Hoscule (RWTH), Aachen, Jerman Barat.

“Makanya di film Chelsea (pemeran Ilona) mengatakan, masalahmu kamu cinta Indonesia. Solusinya kalau menurut dia (Ilona), kamu tinggal di sini jadi mata air sini dan mengalir ke Indonesia. Tapi dijawab Habibie, menuju rahmat ini, solusinya saya cinta Indonesia. Itu konsisten dengan sumpahnya,” ulas Habibie yang masih ingat betul perkataannya kepada si gadis Polandia-Jerman itu.

Pria yang pernah membuat pesawat itu mengatakan bahwa dirinya selalu konsisten dengan perkataann dan sumpahnya. “Saya melihat bahwa sampai detik ini konsisten. Sejak umur kecil, diajarin orang tua ngaji sampai sekarang saya 80 tahun dan sama saja,” ucap pria yang dipanggil eyang itu.

Di sisi lain, Habibie mengaku bangga dengan para pihak yang membuat kisahnya. Melalui produksi film katanya mencerminkan bahwa kualitas masyarakat Indonesia meningkat.

“Belum tentu orang mempunyai verita tetapi diterjemahkan dengan teknologi paling canggih. Sehingga, semua sampai pesan-pesannya. Itu penuh dengan nilai-nilai,” pungkas suami. (Jawapost)