Diduga Alih Fungsi “Arus Listrik RPH Dicabut”

by
Rumah Potong Hewan Kabupaten Bengkulu Selatan

LINTASBENGKULU.COM, BS – Walaupun Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan telah menyediakan Rumah Potong Hewan (RPH) secara resmi. Namun sepertinya pelaku bisnis hewan ternak di Kabupaten ini lebih memilih memotong atau menyembelih hewan di kediamannya masing-masing, sehingga bangunan RPH tidak bermanfaat dan terkesan mubazir.

Dengan tidak dimanfaatkannya RPH yang berada dijalan Gerak Alam, Padang Pematang, Kota Manna itu membuat petugas bidang perternakan, dari Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan kesal. Kekesalan petugas itu ditunjukannnya dengan mencabut meteran listrik Rumah Potong Hewan ini.

“Informasinya begitu, ruang RPH ini diduga sering dipakai untuk mesum dan judi, makanya aliran listrik kita cabut. Untuk apa dialiri listrik kalau RPH ini tidak dimanfaatkan sesuai peruntukan. Kalaupun ada yang memotong hewan, paling satu atau dua orang saja, itupun motong hewannya tidak dialam rumah potong, tapi dikandang karantina,” kata Kadis Pertanian Ir Sukarni, melalui Kabid Perternakan, Inbima Kasiri S.Pt kepada lintasbengkulu.com, Senin (21/05/18).

Inbima menegaskan, untuk sementara meteran listrik dipindahkan di rumah jaga RPH. “Sembari menunggu perbaikan rumah potong, kalaupun nanti ada yang akan memotong hewan di RPH, tetap akan bisa dialiri lampu listrik dengan menarik kabel dari rumah jaga yang bersebelahan dengan RPH itu,” demikian Bima. (tom)