Diserang Hama, BPTPH Bengkulu dan Distan BS Perangi Tikus

by
Distan dan BPTPH Provinsi Pengendalian Hama Tkus
Distan dan BPTPH Provinsi Pengendalian Hama Tkus

Lintasbengkulu.com – Dinas Pertaninan Dan Perternakan Bengkulu Selatan (BS) Bekerja sama dengan Balai Proteksi Tanaman Pangan Dan Holtikultura (BPTPH) Provinsi Bengkulu melakukan sosialisasi tentang pemberantasan dan pengendalian hama.

Gerakan OPT (Organisasi Pengganguan Tanaman) padi sawah ini dilaksanakan di Desa Suka Negeri, Kecamatan Air Nuipis, Selasa (6/9/16). Acara  di hadiri oleh Tim Teknis Dari BPTPH Provinsi, Ir.Ali Muktar dan Kuasa Barus SB. Smentara dari Distan BS dihadiri kabid Tanaman Pangan Haroni, petugas Balai BPTPH, dan Kasi Perlindungan Tanaman Dinas Pertyanian Bengkulu Selatan Sahrul Ekwan.

Dikatan Kabit Ketahanan Pangan Haroni SE, kegiatan Sosialisasi tersebut di laksanakan di tempat kelompok tani Serasi Desa Suka Negeri dan di ikuti oleh 3 kelompok tani lainya. Karena Didesa Suka Negeri ini ratusan hektar sawah terserang hama, maka itu Pihak BPTPH Provinsi  langsung turun kelapangan, katanya.
“Kegiatan ini sudah dua kali di lakukan oleh pihak BPTPH Provinsi atas dasar adanya laporan warga dan Kelompoktani kalau padi sawah mereka diserang hama sehingga meresahkan petani ” ujarnya.
Dijelaskannya, kegiatan ini dilakukan adalah unutk  memberikan bimbingan atau pengarahan tentang pemberantasan hama penyakit kepada masyarakat dengan cara pengasapan di lubang-lubang petak sawah dengan maksud untuk mengusir hama tikus.
Selain dengan cara pengasapan, untuk membasmi hama tikus pihak BPTPH Provinsi  dalam hal ini juga memberikan bantuan berupa 4 kotak racun tikus. Roni berharap agar racun tersebut dapat di gunakan para petani untuk membasmi hama yang sangat meresahkan para petani tersebut.(cw1)