Dorong Peningkatan Kinerja Birokrasi, Ini Pesan Gubernur Bengkulu

by

Lintsbengkulu.com, Jakarta-Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah akan terus mendorong peningkatan kinerja birokrasi di daerah yang dipimpinnya. Hal ini ditegaskan Rohidin usai bertemu Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan Kemenpan RB, di Jakarta (15/5/2019).

Kinerja birokrasi, lanjut Rohidin, harus berorientasi pada hasil dan target serta sasaran yang jelas. Rohidin ingin memperkuat budaya birokrasi yang dapat memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat.

“Kita harus memperbaiki secara mendasar, kita harus mempunyai kemauan yang kuat, komitmen yang kuat untuk mengevaluasi, mulai dari RPJM diturunkan sampai RENJA OPD. Agar kegiatan-kegiatan yang dijalankan tetap berorientasi pada hasil sesuai dengan program perioritas yang ingin dicapai,” ujar Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Terkait keterbatasan anggaran, Rohidin optimis bisa teratasi dengan kolaborasi antar OPD. Hal ini sudah sering dilakukan, sekalipun masih butuh didorong dan dimaksimalkan lagi.

Selain itu, Gubernur Rohidin juga menekankan, pentingnya komitmen perubahan dalam memaksimalkan kinerja birokrasi.

“Untuk melakukan perubahan ini, dibutuhkan spirit dan komitmen yang kuat dari masing-masing elemen, bahwa setiap rupiah yang dibelanjakan, betul-betul mencapai sebuah hasil yang secara global besarnya akan mensejahterahkan masyarakat,” tambahnya.

Menurut Rohidin, melakukan perubahan tidak bisa sendiri, dari level atas hingga bawah harus memiliki prinsip yang sama, bahwa tujuan perubahan tersebut dapat tercapai secara maksimal, jika diberbagai tingkatan sinergis dan sama-sama memiliki komitmen yang kuat melakukan pembenahan.

(Media Center, Pemprov Bengkulu)