Dua Specialis Pencuri Malam Hari Dibekuk Polisi “Satu Pelajar SMKN”

by

LINTASBGKULU.COM, BS – Dua orang specialis pencuri dimalam hari berinisial RAP (25) warga Jalan SD 05 Kelurahan Ibul, dan DA (18) warga Padang Guci yang merupakan pelajar SMKN1 Kota Manna.

Keduanya diciduk polisi atas laporan polisi, LP/18-B/11/2018/SPKT, tanggal 18 Januari 2018, tentang dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

Adapun kronologis pencurian, yaitu terjadi pada Jumat (09/02/18) sekira pukul 02.15 WIB tengah malam. TKP (tempat kejadian perkara), di jalan SMAN 2 Ibul, Kota Manna. Keduanya memasuki rumah korban dengan cara          mencongkel jendela sebelah kiri dengan menggunakan obeng. Setelah jendela terbuka keduanya masuk dan berjalan menuju kamar tengah rumah korban.

“Dikamar tengah ini pelaku melihat Laptop diatas meja lalu diambil, kemudian berjalan lagi kekamar depan dan melihat 1 unit HP yang sedang dicas juga diambil. Setelah berhasil mengambil 1 unit Laptop dan 1 unit HP, kedua pelaku keluar rumah kembali melewati jendela  yang sudah terbuka tadi itu,” kata Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Ordiva SIK, melalui Kasat Reskrim Iptu Ahmad Khairuman dalam jumpa Pers nya, Sabtu (17/2/18) siang.

Sedangkan untuk kronoligis penangkapan lanjut Kasres, berdasarkan dari hasil olah TKP yang dilanjutkan dengan penyelidikan alhasil pelaku diketahui identitasnya.

“RAP berhasil kita amankan saat sedang di Jalan A Yani (Rukis) pada Kamis, 16 Februari 2018, sekitar pukul 23.01 WIB. Sementara DA, kita tangkap di rumah kontrakannya di Jalan SD 05 Ibu,l pada Jumat 17 Februari 2018, tengah malam kemarin. Saat ini kedua pelaku ditahan di sel tahanan Mapolres BS,” ujar Ahmad.

Ditambahkan Kasat, dari hasil pemeriksaan keduanya ini ternyata specialis pencuri dimalam hari. “Mereka berdua ini telah mencuri dibanyak TKP, dan kedua orang ini khusus mencuri pada malam hari,” terangnya.

Adapun Barang Bukti (BB) yang diamankan dari kedua pelaku, yaitu 1 HP Lenovo, 1 Laptop Acer, 1 kotak HP dan 1 kotak Laptop. Obeng, pisau dan satu unit sepeda motor milik RAP yang digunakan pelaku saat melakukan aksinya. Selain itu petugas Satreskrim juga mendapati 2 buku tabungan saat dilakukan penggeledahan di kamar kos pelaku.

Dari pengakuan kedua pelaku sementara, keduanya telah mencuri di 6 TKP.  “Dijalan SMEA mereka berhasil mengambil Laptop, di Telkom mengambil HP, di Desa Pagar Dewa Laptop, Speker dan HP. Adalagi di SMEA mengambil Laptop, di Belakang Kantor Camat yakni rumah Ajudan Plt Gub (Eko Singkek) keduanya berhasil menggasak 1 Unit HP, dan di Dehasen Jalan SMEA mereka mengambil satu karung beras dan uang tunai RP 1 juta, beber Kasat Reskrim.

Ahmad Khairuman menghimbau, bagi yang merasa kehilangan sesuai dengan barang-barang yang sudah disebutkan diatas, segera menghubungi petugas Satreskrim Polres BS, dengan membawa bukti kepemilikan yang bisa dipertanggungjawabkan. (tom)