Gusnan Minta Puskesmas Wajib Kunjungi Daerah Pelosok Minimal Sekali Seminggu

by

Lintasbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menginstruksikan kepada tenaga medis di Pukesmas agar melakukan kunjungan rutin ke daerah-daerah pelosok. Minimal sekali dalam seminggu.

Hal tersebut diungkapkan Gusnan saat menghadiri kegiatan pengobatan gratis dalam rangka pelayanan kesehatan bergerak oleh Dinas Kesehatan di Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Tanjung Aur II Kecamatan Pino Raya, Selasa (6/8/2019).

“Pak Kepala Dinas, Pak Camat, terkhusus Kepala Puskesmas agar memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat di sini. Juga ke daerah-daerah lainnya yang jaraknya jauh dari fasilitas kesehatan, seperti Trans Karang Cayo dan daerah lainnya,” jelas Gusnan.

Karena, menurut Gusnan, setiap masyarakat mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari pemerintah. Baik yang di desa, di kota maupun daerah yang sulit dijangkau lainnya.

Diutarakan Gusnan, jika masyarakat di daerah yang jangkauannya dekat dengan fasilitas kesehatan bisa saja dengan mudah kapanpun bisa pergi berobat. Tapi, lanjut Gusnan, jika di daerah yang sulit dijangkau seperti UPT Tanjung Aur II ini, maka masyarakat agak terkendala. Sehingga sangat perlu petugas Puskesmas datang dan memberikan pelayanan kesehatan rutin setiap minggu sekali.

“Setiap minggu harus didatangi, meskipun bukan dokter yang datang, minimal yang datang itu, satu orang perawat dan satu orang bidan. Nanti hasil pemeriksaan oleh perawat bisa dikonsultasikan ke dokter,” saran Gusnan.

Turut hadir dalam kegiatan pengobatan gratis tersebut Kepala Dinas Kesehatan Redhwan Arif, Camat Pino Raya Hendri Farizal, Kepala Desa dan masyarakat UPT Tanjung Aur II.

(Adv Pemkab BS)