Hadapi Tahun Politik “Dukcapil BS Bakar Puluhan Ribu e-KTP”

by
Dukcapil BS bakar puluhan ribu e-KTP rusak

LINTASBENGKULU.COM, BS – Dalam rangka menghadapi tahun politik 2019 mendatang, Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan (BS) musnahkan puluhan ribu e-KTP rusak.

Pemusnahan KTP elektronik yang dianggap rusak ini dilakukan serentak secara Nasional oleh Kementerian Kependudukan dan catatan sipil (Kemendukcapil), Senin (17/18).

Di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sendiri, sebanyak 10.200 lembar KTP elektronik di bakar, Senin (17/18).

Kepala Dinas Dukcapil BS, Gunawan Suryadi S. Sos, kepada awak media menerangkan, sebanyak 10.200 lembar e-KTP yang di musnahkan tersebut yaitu KTP yang dianggap rusak yang terkumpul sejak tahun 2012 yang lalu.

“Kalau mulai rekam e-KTP ini tahun 2011. Nah sebanyak 10.200 lembar yang rusak dan dibakar itu, terkumpul hingga tahun 2012 ini,” ujar Kadis Dukcapil BS Gunawan Suryadi S. Sos.

Dijelaskannya kategori rusak, yaitu perubahan data apabila terjadi pindah penduduk, sehingga KTP lama dilakukan penyitaan dan di ganti dengan yang baru sesuai alamat tinggal sekarang.

Contoh lain lanjut dia, yakni status kawin atau belum kawin pada KTP, begitu juga dengan pekerjaan seseorang. “Yang tadinya belum menikah di ganti kawin, begitu juga tadinya Mahasiswa setelah menyelesaikan kuliahnya sehingga berubah status pekerjaannya. Nah yang aeperti inilah yang kita anggap rusak dan dibakar itu,” jelas Gunawan.

Karena jangan sampai ada tuduhan menyalahgunakan serta prasangka buruk terhadap Dinas Dukcapil, imbuh Gunawan, maka puluhan ribu e-KTP yang rusak ini di musnahkan dengan cara di bakar di depan umum, demikian Kadis Dukcapil BS.

Pemusnahan e-KTP di Dinas Dukcapil BS ini dsaksikan dari pihak Kepolisian Polres BS. Hadir diantaranya KBO Reskrim Iptu Sarmadi beserta Kanit Pidum dan beberapa anggota dari Sat intelkam serta hadir juga menyaksikan yakni Asisten III Pemkab Bengkulu Selatan Nopman Ali. (tom)