Horee…Kaur Akan Dialiri Listrik Tegangan Tinggi

by
Sosilisasi SUTT Manna-Kaur

 

Bupati BS: Ganti Rugi Lahan Harus Wajar

LINTASBENGKULU.COM, BS – PLN wilayah Palembang akan menambah daya 150 KV Untuk Wilayah Manna-Kaur. Sementara untuk pembangunan menara beton SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) saat ini masih dalam tahap sosisialisasi.

Adapun untuk di Kabupaten Bengkulu Selatan, wilayah yang akan dilewati SUTT ada 4 Kecamatan, yaitu Kecamatan Kota Manna, Kecamatan Manna, Kecamatan Kayu Kunyit dan Kecamatan Kedurang Ilir. Kabel akan ditarik dari Gardu Induk (GI) Interkoneksi SKB Padang Lebar Kecamatan Pino Masat Bengkulu Selatan, hingga ke Kabupaten Kaur.

Deputi Manager Hukum Pertanahan PLN Wilayah Palembang, Agung Teguh Setioso, dalam sambutannya pada acara sosialisasi terhadap dampak yang ditimbulkan akibat pembangunan menara SUTT ini mengatakan, bahwa pembangunan satu menara membutuhkan lahan seluas 20×20 meter.

“Untuk pembangunan satu tiang menara membutuhkan lahan seluas 20×20 meter. Bagi masyarakat yang lahannya terkena pembangunan akan kita ganti sesuai peraturan pemerintah. Pengawasannya melibatkan Polri, TNI dan pihak Kejaksaan,” kata Agung Teguh Setioso.

Sementara itu Bupati Bengkulu Selatan H Dirwan Mahmud, pada kesempatannya sebelum membuka acara sosialisasi ini secara resmi, ia mengaharapkan kepada pihak PLN dalam pembebasan lahan masyarakatnya yang terkena dampak pembangunan agar dapat diganti dengan nilai yang wajar.

“Saya kira ini bukan ganti rugi menurut NJOP, tapi ganti wajar. Sesuaikan dengan lahan masyarakat, apakah itu tanah kebun atau tanah perumahan,” harap Dirwan Mahmud.

Acara Sosialisasi ini berlangsung di Gedung Reptaloka Pemkab Bengkulu Selatan, Selasa (17/04/18). Dihadiri Bupati BS H Dirwan Mahmud, Camat, Kades, pihak Kepolisian, TNI, Kejaksaan dan masyarakat yang lahannya terkena pembangunan menara SUTT. (tom)