Hujan Deras dan Banjir Bandang, Talud Bendung Sungai Air Nipis Runtuh

by
Akibat tergerus air, Talud Bendung Kota Agung runtuh

LINTASBENGKULU.COM, BS – Hujan deras dan banjir bandang bebera waktu yang lalu mengakibatkan runtuhnya bangunan talud pada tanggul Bendung Air Nipis, Desa Kota Agung, Kecamatan Seginim.

Talud Bendung Kota Agung runtuh akibat banjir bandang bebera waktu lalu

Dari pantauan media ini langsung dilokasi, sebelum bangunan talud pada sayap bagian belakang bendung Sungai Air Nipis itu runtuh, curah hujan cukup tinggi, air sungai meluap, sehingga tendangan air pada terjunan pembuangan utama sangat kencang, sehingga meruntuhkan pasangan talud hingga puluhan meter.

Runtuhnya bangunan talud bendung Air Nipis Desa Kota Agung itu cukup mengkhawatirkan para petani pemakai air di Desa Sawah Lebar dan Desa Muara Danau, Kecamatan Seginim.

“Kepada pemerintah, khususnya pihak Balai Smatera VII wilayah Bengkulu untuk dapat segera memperbaiki bangunan talud bendung yang runtuh ini,” kata Ujang, salah seorang petani pemakai air yang lahan sawahnya berlokasi di Desa Mura Danau Seeginim, kepada lintasbengkulu.com, Kamis (03/05/18).

Menurutnya, kalau bagian bendung yang tergerus tersebut tidak segera diatasi. Saat kembali datang hujan deras dikhawatirkan mengancam tanggul pembuangan utama pada bendung tersebut.

“Kalau tidak segera di perbaiki, saat kembali datang hujan lebat dan banjir besar, tanggul utama pembuangan air terancam ambruk. Akibatnya nanti ribuan hektar sawah yang berada di desa Sawah Lebar dan Desa Muara Danau ini terancam kekeringan. Akibatnya ribuan hektar sawah di dua desa ini kembali tidak dapat digarap seperti sebelum adanya bangunan bendung ini,” tutur Ujang. (tom)