Hukum Kawin Kontrak Menurut Pandangan Islam

by

Perkawinan kontrak atau mut’ah telah diharamkan oleh kesepakatan ulama, kecuali Syi’ah. Kelompok Syi’ah beralasan kepada beberapa riwayat Sahabat dan Tabi’in yang mengatakan bahwa perkawinan tersebut halal, yang menurut mereka penghalalan ini dikenal sebagai riwayat yang dari Ibnu Abbas.

Sayid Sabiq mengomentari bahwa “Ibnu Abbas membolehkan kawin kontrak (mut’ah) bila diperlukan dalam keadaan darurat dan bukan membolehkan secara mutlak. Tetapi, ketika diketahuinya banyak orang yang melakukannya secara tidak benar dan berlebihan, maka pendapat ini dicabutnya kembali. Ditegaskan bahwa kawin mut’ah ini haram hukumnya bagi orang yang tidak mempunyai alasan yang sah untuk melakukannya”

Namun, pada perkembangannya kemudian nikah mut’ah tersebut dilarang untuk selama-lamanya. Hal ini didasarkan pada hadis Rasulullah Saw :

عَنْ سَبُوْرَةَ اَلْجُهَانِى أنَّهُ غَزَّ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتْحَ مَكَّةَ قال فأقَمْنَابِهَاخَمْسَةَعَشَرَفأذٍيْنَ لَنَا رَسُولُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى مُتْعَةٍ النّسَاءِ قَالَ فَلَمْ أ خْرُجْ حَتَّى حَرّمَهَا رَسُولُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَفِى رِوَايَةٍ أنَّهُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا أيُّهَاالنَاس إنِّى كُنْتُ أذِنْتُ لَكُمْ فِى الإسْتِمْتَاعِ مِنَ النِّسَاءِ وَاَنَّ اللهَ قَدْحَرَّمَ ذالِكَ إلَى يَوْمِ القِيَامَةِ…

Artinya:

“Dari  Saburah Al-Juhaniy, sesungguhnya ia pernah berperang bersama Nabi Saw pada waktu peperangan penaklukan Makkah, maka kami berada di sana selama lima belas hari, maka Rasulullah mengizinkan kami untuk kawin mut’ah dengan perempuan. Kemudian Saburah berkata: Aku tidak pernah keluar dari Makkah, hingga Rasulullah Saw mengharamkannya. Dan pada satu riwayat lain disebutkan bahwa sesungguhnya ia pernah bersama Nabi Saw, lalu Nabi bersabda: Hai sekalian manusia, sesungguhnya aku pernah mengizinkan kamu melakukan kawin mut’ah dengan perempuan. Dan sesungguhnya Allah telah mengharamkan hal (kawin) itu, sampai hari kiamat.” (HR Muslim)

BACA SELENGKAPNYA…….