Janda dan Anak Yatim Bertambah “Nelayan Pasar Bawah Minta Menteri PDTT Sampaikan Pesan Kepada Susi”

by
Nelayan Pasar Bawah ngelu ke Mendes
Nelayan Pasar Bawah ngelu ke Mendes

LINTASBENGKULU.COM, BS – Pelabuhan Nelayan Pasar Bawah di Kabupaten Bengkulu Selatan seringkali menelan korban jiwa. Hal itu disebabkan ombak laut yang cukup besar serta dangkalnya alur muara sungai air Manna yang merupakan salah satunya pintu masuk dan keluarnya perahu nelayan.

Dengan hal tersebut, nelayan Pasar Bawah di Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu ini sangat mengharapkan pembangunan breakwater atau sebuah bangunan untuk pemecah gelombang demi keselamatan jiwa para nelayan .

Untuk mengatasi hal itu, dirasa sangat tidak mungkin sekelas Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan ini bisa mengalokasikan dana untuk pembangunan pemecah gelombang seperti yang diharapkan Par nelayan.

Melalui Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo, pada kunjungannya kepantai pasar bawah, Jumat (14/09/18) Menteri PDTT diminta dengan sangat oleh nelayan daerah ini untuk dapat menyampaikan aspirasi dan keluhan mereka kepada Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti.

“Sudah banyak nelayan di Pasar Bawah ini yang menjadi korban hingga meninggal dunia. Dua bulan terakhir ini kembali menepan korban jiwa. Akibatnya tidak sedikit istri nelayan yang menjanda serta anak-anak yang menjadi yatim. Bahkan hingga saat ini masih ada jasad korban yang belum diketemukan akibat kecelakaan perahu akibat ombak besar dan dangkalnya muara sungai,” kata ketua HNSI, Marswandi, berkeluh kesah kepada Menteri PDTT Eko P Sandjojo.

Dengan kondisi muara sungai yang cukup ekstream untuk dilewati perahu nelayan saat keluar masuk laut itu. Para nelayan di pasar bawah yang mengaku penghasilannya rata-rata Rp 1 juta perbulan ini, memohon kiranya kepada bapak Menteri PDTT untuk dapat menyampaikan keluhan mereka kepada Menteri Kelautan Susi Pudji Astuti untuk pembangunan breakwater.

Menanggapai keluhan para nelayan, Menteri PDTT Eko Putro Sandjojo berjanji akan menyampaikan serta mengajak dan mempasilitasi Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi untuk bertemu dengan Menteri Susi.

“Saya akan bantu, dan janji akan menyampaikan keluhan nelayan pasar bawah ke Kementerian Kelautan. Nanti saya temani pak Bupati ketemu Ibu Susi,” kata Menteri. (tom)