Kades Padang Jawi Salurkan BLT DD Tahap Pertama

by

Lintasbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Sebanyak 11 orang warga Desa Padang Jawi Kecamatan Bunga Mas menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) terdampak Covid-19. Bantuan yang bersumber dari Dana Desa (DD) ini diserahkan langsung kepada masing-masing penerima, Kamis (21/05/2020) di balai desa setempat.

Foto bersama penerima BLT

Kepala desa Padang Jawi, Adi Santoso, dalam sambutannya sebelum menyerahkan bantuan, ia menyampaikan agar masyarakat desa Padang Jawi memahami aturan dan mengerti kriteria calon penerima BLT yang bersumber dari Dana Desa tersebut.

“Agar tidak terjadi keributan dan tidak salah prasangka terhadap penyaluran BLT dana desa kepada calon penerima, masyarakat diharapkan memahami 14 kriteria calon penerima BLT sesuai Permendes No 06 Tahun 2020 dan Surat Edaran Dirjen Nomor 1261 serta Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang syarat dan ketentuan penerima BLT Dana Desa terdampak Covid-19,” tegas Kades Adi Santoso.

Penerima BLT DD terdampak Covid -19 di desa Padang Jawi ini berjumlah 11 orang. Kesebelas penerima tersebut yaitu, Mawardi, Amad Reval Suyandri, M Ilhamsyah, Defqi Namtoro, Wafik Azizah, Azlaini, Zaini, Rahmad, Sulai, Bida dan Joni Arafik.

Sebelumnya lanjut kades, dari hasil penilaian kerja tim yang melibatkan Babinsa, Kamtibmas, BPD dan tokoh masyarakat tersebut, warga desa Padang Jawi yang benar-benar layak menerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa ini berjumlah 13 orang. Namun ada yang mengundurkan diri 2 orang.

“Untuk tahap pertama ini masing-masing menerima satu bulan yaitu sebesar Rp 600 ribu,” beber Adi Santoso.

Dari sebanyak 11 orang penerima BLT DD desa Padang Jawi ini dua orang diantaranya tidak bisa hadir ke Balai desa, yakni nenek Bida yang sudah lanjut usia dan Joni Arafik cacat lumpuh sehingga harus diserahkan langsung ke rumah masing-masing.

Ketua BPD saat menyampaikn sambutan

Mudah-mudahan bantuan yang di diterima dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, ucap Kades.

Penyaluran BLT Dana Desa Padang Jawi ini secara simbolis diserahkan langsung oleh Kades Adi Santoso, berjalan tertib dan lancar. Dihadiri Camat Bunga Mas Ir Miran, Babinkamtibmas, Babinsa, ketua BPD Nirwan Jayadi dan Anggota, Perangkat desa, tokoh masyarakat, toko Agama dan beberapa masyarakat desa Padang Jawi. (tom)