Kadistan BS Keluarkan Surat Perintah Tugas Pemeriksaan Kelayakan Daging Sapi

by
Sukarni SP, Kadistan Bengkulu Selatan

LINTASBENGKULU.COM, BS – Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Sukarni SP, menugaskan 9 orang pegawainya untuk memeriksa kelayakan dan keamanan daging sapi yang beredar dipasaran.

Pemeriksaan kelayakan dan keamanan daging sapi ini terkait adanya pelaku bisnis daging yang kedapatan menjual daging sapi yang tidak layak konsumsi (busuk), dipasar Kutau pada Jumat (26/05/18).

“Sesuai UU Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor 18 tahun 2009, surat tugas pemeriksan kelayakan dan keamanan daging yang beredar sudah saya tandatangani Senin (28/05/18) siang kemarin,” kata Kadis Pertanian Sukarni SP, kepada lintasbengkulu.com.

Dijelaskannya, untuk yang bertugas ada 9 orang dari bidang peternakan dan keswan. Pemeriksaan mulai dilakukan Senin kemarin, pungkas Kadistan BS.

Ditambahkan Kabid Perternakan, Inbima Kasiri, S.Pt, Saat ditemui diruang kerjanya Senin (28/05/18). Ia mengatakan, pemeriksaan akan dilakukan dirumah-rumah potong hewan milik pribadi para pelaku bisnis daging sapi. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksan kembali setelah daging sapi ataupun daging kerbau yang sudah digantung di pasar, ujarnya.

“Selain melakukan pemeriksaan, dipasar nantinya akan kita tempatkan petugas, dan jika kedapatan ada pelaku yang sengaja menjual daging yang sudah tidak layak konsumsi, maka kami tidak sungkan untuk melaporkan ke pihak hukum,” tegas Bima.

Pemeriksaan kelayakan dan keamanan daging yang dijual di pasar ini akan dilakukan selama dalam bulan puasa. Namun tidak menutup kemungkinan akan dilakukan secara berkelanjutan, demikian Inbima Kasiri. (tom)