Kue Keong Mas Siswa SMA Kota Manna Ini, Ueeenak Tenan Rek

by
begheku-kuning
Bupati BS saat berkunjung ke SMA 2 Kota Manna

Lintasbengkulu. Com,  Bengkulu Selatan – Keong Mas (Pomacea canaliculata) dianggap cukup mengganggu tanaman, terutama pada tanaman padi. Selama ini, keong mas yang dianggap cukup meresahkan petani sawah ini dikumpulkan lalu dibuang begitu saja. Namun ada juga sebagian masyarakat yang memanfaatkan dagingnya untuk makanan ternak. Padahal, cangkang keong mas ini cukup banyak mengandung kalsium.

Terbukti pada  festival tingkat  nasional kewirausahaan siswa  Nasional bidang  boga, Yarovika  Dwi  Wibangga  dan  Darma  Gusti  Lestari  siswa  kelas  12 SMA Negeri  2 Kota  Manna  Kabupaten Bengkulu Selatan  ini memanfaatkan cangkang keong mas tersebut untuk dijadikan campuran membuat  Roti  Biskuit yang  sehat, enak  dan  murah.

“Al  hasil dalam  fistival itu  kami dapat  memboyong  medali  emas  tingkat  Nasional, ” kata Yarovika.

Menurut Yaro ,  ter-inspirasinya mereka memanfaatkan cangkang keong emas ini bermula dari hasil penelitian yang didapat dari hasil uji laboratorium disekolahnya. Kedua siswa ini menemukan pada cangkang keong mas tersebut terdapat cukup banyak mengandung unsur kalsium. Sehingga mereka memanfaatkannya untuk campuran Roti Biskuit.

“Karena kalsium dalam  tubuh kita  mempunyai peranan  penting  dalam  tubuh,  maka kami memanfaatkan cangkang keong mas ini sebagai bahan campuran roti,” ujarnya.

Kalsium berfungsi dalam pengaturan  berat  badan, karena kalsium sendiri  sifatnya  dapat  menekan  nafsu  makan , terang Yaro.

Ditambahkan Darma, dalam  pembuatan  biskuit cangkang  keong,   Smanda  yang  dikenal  dengan  BISKENDA ini,  alat-alat yang dibutuhkan adalah penumbuk cangkang , panggangan kue dan wadah plastik. Sementara itu, bahan yang diperlukan yaitu tepung cangkang keong mas, meizena,  susu  telor  margarin  gula pasir,  vanili  baking soda.

“Lalu seluruh bahan  dicampur  dan  diaduk  menjadi  adonan  kue  dan  dibentuk  sesuai  dengan  selera  lalu  dipanggang dengan  oven,” paparnya.

Tahap pembuatan tepung cangkang keong mas lanjut dia, yaitu dengan menyiapkan keong mas yang akan diambil cangkangnya, kemudian dipisahkan dari dagingnya.

Selanjutnya, cangkang keong mas dibersihkan dari kotoran dan dikeringkan, kemudian ditumbuk dalam satu wadah baru dan digiling dengan mesin penggiling, demikian Darma.

Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud sangat mengapreasiasi atas kreatifitas siswa SMA Negeri 2 Kota Manna ini. Pada kunjungannya ke SMA N 2  Rabo, (26/10/2016), Dirwan memberikan reward sejumlah uang, sebagai tanda penghargaan terhadap siswa yang berprestasi dan cukup mengharumkan nama daerah Bengkulu Selatan ini.  (tom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *