Lagi,.. Sungai Air Nipis Nyaris Hanyutkan Rumah Penduduk

by
Warga Desa Darat Sawah Ilir ngadu ke Dewan

//Warga Desa Darat Sawah Ngadu ke Dewan//

LINTASBENGKULU.COM, BS – Puluhan Warga Desa Darat Sawah Ilir Kecamatan Seginim, Senin (17/12) mendatangi Kantor DPRD. Kedatangan warga ini diterima langsung oleh Ketua DPRD Bengkulu Selatan Yevri Sudianto, wakil ketua 1 Susman Hadi dan beberapa anggota dewan.

Kedatangan warga ini untuk memohon bantuan kepada wakil mereka yang duduk di kursi empuk itu dalam rangka mengatasi abrasi akibat banjir bandangĀ  sungai Air Nipis.

Dalam pertemuannya diruang rapat Komisi, kades Darat Sawah Ilir, Hayanto, menyampaikan, bahwa akibat abrasi sungai Air Nipis tersebut salah satu rumah warganya nyaris saja hanyut terbawa arus.

“Kami mohon kepada bapak-bapak anggota dewan yang terhormat, saat ini satu rumah milik saudara kami “Burhan” hampir hanyut akibat abrasi sungai Air Nipis itu,” ungkap Kades saat pertemuan diruang rapat komisi DPRD BS yang dihadiri Kabid Pengairan Dinas PUPR Yopriadi dan Kepala BPBD Yarusdi Yunir.

Karena selalu dihantui rasa takut dan cemas akibat abrasi tersebut, Kades dan Masyarakat desa Darat Sawah ILir ini penuh harapan kepada anggota dewan yang terhormat ini untuk dapat menyampaikan aspirasi mereka kepada Pemerintah Daerah.

“Kami minta agar bencana abrasi sesegera mungkin dapat diatasi,” demikian Hayanto.

Sementara itu sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan yang hadir dalam pertemuan ini, siap membantu keluhan warga dalam mengatasi bencana alam yang di akibatkan sungai Air Nipis tersebut.

“Apabila pada dinas terkait anggarannya tidak ada, seluruh anggota dewan ini siap untuk membantu,” tegas Yevri Sudianto diaminkan sejumlah dewan yang ikut pada pertemuan tersebut.

Namun dalam hal ini imbuh Yevri, pihaknya terlebihdahulu akan menyampaikan surat resmi kepada Plt Bupati BS Gusnan Mulyadi. “Hari ini akan kita sampaikan surat kepada Plt Bupati. Tiga hari kedepan nanti mudah-mudahan sudah ada persetujuan dari Plt,” kata ketua DPRD BS.

Sementara itu dilain pihak, yakni Dinas PUPR BS yang diwakili Kabid Pengairan Yopriadi, ia mengatakan pihaknya siap untuk mengatasi bencana alam di desa Darat Sawah Ilir ini, namun sipatnya sementara, katanya.

“Dananya itu ada Rp 100 juta, tapi peruntukan awalnya itu desa Maras Kecamatan Air Nipis. Karena ini sipatnya sama-sama mendesak, dana seratus juta ini akan kita bagi. Rp 50 jutanya nanti kita bagi ke Desa Darat Sawah Ilir,” demikian Yop. (tom)