Laporan Grativikasi Minim, KPK Kumpulkan Pejabat Hingga Kepala Desa

by
KPK Sosialisasi Grativikasi di Aula Bappeda BS

Lintasbengkulu,com, Bengkulu Selatan – Direktorat pengendali grativikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kumpulkan pejabat Pemkab Bengkulu Selatan, Kamis (14/03/2019).

Tidak hanya para pejabat Pemkab, kepala Desa pun dikumpulkan di Aula Kantor Bapeda dalam rangka sosialisasi pengendalian Grativikasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan tersebut.

Selain untuk melakukan sosialisasi, kedatangan Dirketorat Pengendalian Grativikasi KPK itu juga terkait minimnya laporan Grativikasi yang terjadi di jajaran Pemkab Bengkulu Selatan.

Meski hanya sekedar sosialisasi, kehadiran KPK untuk kedua kali ini membuat para pejabat dan para Kepala Desa di Kabupaten Bengkulu Selatan ini terlihat cemas saat ketua tim pengendali grativikasi KPK, Devi Lisnawati memberikan pengarahan terkait beberapa item yang dikategorikan sebagai tindakan grativikasi.

Melihat kondisi tersebut, Devi Lisnawati pun langsung memberikan teguran agar para pejabat bisa rileks. Sebab kehadiran dirinya ke kabupaten BS hanya untuk memastikan faktor penyebab minimnya laporan grativikasi di lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan.

“Rileks saja, kehadiran kita hanya memastikan penyebab minimnya laporan grativikasi,” tutur Devi.

Dalam pengarahaannya, Devi menyampaikan, beberapa bentuk tindakan yang termasuk kategori grativikasi. Adapun yang masuk katagori grativikasi yaitu, pemerasan, pemberian hadiah, baik barang ataupun berupa uang minimal sebesar Rp 1 juta, serta memiliki embel – embel jabatan,” sampainya. (tom)