Mantan Kades Tanjung Agung Kaur Kembalikan Kerugian Negara

95 views

anti-korupsi

LINTASBENGKULU.COM, Bengkulu Selatan – Alwin (45), mantanKades Tanjung Agung, Kecamatan maje Kabupaten Kaur bersama TPK  ( Tim Pengelola Kegiatan) Dana Desa tahun 2015 yang lalu itu, terpaksa harus mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 52.910.000.

Uang tersebut dikembalikan setelah pihak Kejaksaan Negeri Kaur melakukan pemeriksaan terhadap adanya indikasi  penyimpangan Dana Desa yang dilaporkan masyarakat. Dan ternyata setelah dilakukan penyelidikan dan ditingkatkan kepenyidikan ternyata dugaan tersebut benar. Sehingga Kades Tanjung Agung yakni Alwin yang tidak lagi menjabat sebagai Kades, karena habis masa jabatannya itu, bersama TPK kegiatan DD tahun 2015 yang lalu tersebut harus mengembalikan kerugian Negara sebesar Rp 52.910.000.

Dikonfirmasi lintasbengkulu.com, Alwin mengatakan, bahwa uang sebesar Rp 52.910.000 tersebut langsung ditransfer  kerekening desa setempat.

“Betul, saat kami diperiksa oleh Jaksa, ditemukan kerugian Negara sebesar Rp 52.910.000 dalam kegiatan DD tahun anggaran 2015 lalu itu. Namun uang tersebut sudah saya kembalikan ke Kas Desa. Pertama saya setor ke Bank Rp 26 juta, kedua Rp 24 juta, dan ketiga Rp 2.910.000. Uang tersebut langsung saya tranfer kerekening Desa,” kata Alwin kepada Lintasbengkulu.com.

Alwin mengesalkan dengan ketidak hadiran 15 orang saksi saat dipanggil Jaksa penyidik untuk dimintai keterangnya. “Kalau seandainya 15 orang saksi itu mau hadir saat dipanggil Jaksa, mungkin ada keringanan bagi saya, dan kerugian Negara tidak sebesar itu,” keluhnya.

Alwin diketahui sudah tidak lagi menjabat Kades, karena pada tahun 2015 yang lalu itu adalah tahun terakhir dirinya menjabat Kades Tanjung Agung, Keamatan Maje. (rza)

Related Post

loading...