Maret 2019 Perdes Hewan Ternak Harus Selesai

by
Susmanto Kasatpol PP dan Plt Dikbud Pemkab BS

//Tidak Selesai Bulan Maret Eksekusi//

Lintasbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Sejak tanggal 28 Desember 2018 hingga saat ini Dinas Pol PP dan PBK masih terus gencar melakukan sosialisasi Peraturan Desa (Perdes) tentang hewan ternak.

Ditargetkan pada bulan Maret 2019 seluruh desa dan Kelurahan sudah mempunyai Perdes Hewan ternak. Hal ini disampaikan Kasatpol PP, Susmanto, kepada awak media usai rapat bersama para petinggi pada jajaran Dinas Satpol PP dan PBK di ruang Kepala Dinas Dikbud Bengkulu Selatan, sekira pukul 11.45 WIB, Rabu (30/01/2019).

Menurut Susmanto yang juga menjabat Plt Kadis Dikbut itu, rapat tentang Perdes hewan ternak yang dimulai sekira pukul 09.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB tersebut fokus membahas perdes hewan ternak.

“Tadi kita rapat fokus tentang hewan ternak. Seluruh desa dan Kelurahan pada bulan Maret mendatang, peraturan hewan ternak yakni Perdes dan Perlur semuanya harus selesai. Saat ini baru Kecamatan Bunga Mas yang 100 persen selesai perdesnya, sementara Kecamatan Kedurang Ilir baru 4 Desa,” terang Susmanto.

Ditegaskan Kadis Satpol PP dan PBK, bagi desa yang belum merampungkan Perdes hingga bulan Maret medatang, dan apabila hewan ternak masih dibiarkan berkeliaran, maka akan di eksekusi langsung oleh petugas Satpol PP, ujarnya.

Dikonfirmasi terkait sanksi yang diberikan dalam Perdes, Susmanto mengatakan, tergantung kesepakatan di desa masing-masing.

“Sesuai kearifan lokal di desa masing-masing. Tapi kalau sepengetahuan saya, sanksinya kebanyakan hanya mengganti tanaman warga yang di makan ternak,” demikian Susmanto. (tom)