Masyarakat BS Dukung Polri Tindak Penyebar Hoax

by
Deklarasi Anti Hoax

Saya Indonesia, Saya Anti Hoax, Bengkulu Selatan Hebat, Pancasila Jaya

LINTASBENGKULU.COM, BS – Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Toko Pemuda, Lsm dan berbagai Organisasi kemasyarakatan (Orkemas) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mendukung Polri tindak pelaku penyebar  Hoak, isu sara dan ujaran kebencian.

Bupati Bengkulu Selatan H Dirwan Mahmud, dalam sambutannya sebelum deklarasi Anti Hoax bersama di Aula Mapolres BS, Jumat (16/03/18). Dirinya mendukung penuh Polri dalam penegakan hukum terhadap penyebar hoax. Bupati Menghimbau serta mengajak seluruh lapisan masyarakat Bengkulu Selatan untuk tidak menyebarkan berita bohong.

“Ditahun politik ini sangat penting, jangan sampai menyebarkan berita bohong. Apalagi sampai terjadi konflik. Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan mendukung sepenuhnya Polri dalam penegakan hukum terhadap penyebar berita hoax,” tegas Dirwan.

Sementara itu Toko Agama Bengkulu Selatan, H Munir, mengimbau agar masyarakat tidak langsung percaya dengan informasi yang diperoleh ataupun berita yang di baca. “Teliti dan pelajari dulu kebenaran informasi atau berita yang diterima, jangan langsung percaya,” ujarnya.

Dilain pihak, Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Ordiva SIK, mengatakan, saat ini media Sosial dan media Online menjadi wadah para kelompok penyebar berita hoax. Ordiva berharap tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, Lsm dan Orkemas lainnya dapat memdukung Polri dalam tindakan Hukum penyebar berita hoax.

“Kalau tindak pidana seperti pencurian tinggi, tidak akan berpengaruh kepada pembangunan suatu daerah. Tapi kalau terjadi konflik sosial seperti Sara bisa berpengaruh kepada pembangunan daerah dan dapat memecah bela NKRI,” kata Kapolres.

Untuk itu Ordiva mengharapkan bantuan para tokoh masyarakat, untuk bersama-sama memberikan himbauan kepada masyarakat akan ancaman terhadap berita Hoax, isu sara dan ujaran kebencian.

Deklarasi Anti Hoax bersama ini selain dihadiri oleh Bupati Dirwan Mahmud, para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan ormas. Hadir juga Kajari Bengkulu Selatan, Rohayatie SH, MH, perwakilan dandim 0408 BS, dan seluruh Perwira Polres BS. (tom)