Masyarakat Kumpulkan Material Sungai Untuk Bangun Desa

by
Sungai Kulik, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur
Sungai Kulik, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur

Lintasbengkulu.com – Kaur, untuk membangun Desanya, masyarakat bersama-sama mengumpulkan batu dari sungai. Salah seorang masyarakat Desa Pasar Jumat, Edi, kepada lintasbengkulu.com mengatakan bahwa dirinya bersama teman-teman mengumpul batu pecah berukuran 3/5 dari sungai Kulik.

Di temui dilokasi pengumpulan batu, Sabtu (20/8/2016), Edi mengatakan, batu yang sudah di pecah berukuran 3×5 itu kemudian dijualkan kepada panitia pembangunan Desa atau yang di sebut TPK.

“Batu yang kami kumpulkan bersama teman-teman ini, ada yang di antarkan sampai ke lokasi, ada pula yang di ambil langsung di tempat pengumpulan batu di Sungai Kulik ini,” kata Edi.

Dia menjelaskan, dengan adanya proyek yang didanai dari DD ini, masarakat sangat merasa terbantu apalagi kondisi ekonomi masarakat sedang morat marit. Namun saat di komfirmasi terkait perizinan galian C, Edi tidak mengerti urusan tersebut.

 “Maaf kami tidak paham mengenai galian C, kami hanya sekedar mengumpul batu disini, dan setelah terkumpul dan dipecah dengan ukuran 3×5 dijual ke Desa,” beber Edi.

Lanjut Edi, harga penjualan batu 3/5 per-kubiknya di lokasi Rp 200.000,  kalau kami antar kelokasi di bayar Rp 300.000 per-kubikasinya. Hasil penjualan di bagi rata dengan teman-teman pengumpul batu, ujarnya.

Hal itu di benarkan Julianto sebagai ketua TPK DD Desa Pasar Jumat. “Ya benar, material untuk pembangunan di Desa kami ini dibeli dari masyarakat pengumpul batu di Sungai Kulik,” kata Julianto kepada lintasbengkulu.com. (Rza)