Misteri 4 Meriam Mini di Bengkulu Selatan

by
Misteri-4-Meriam-Mini-di-Bengkulu-Selatan.jpg

Bengkulu Selatan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu yang cukup banyak memiliki peninggalan sejarah. Sayangnya, masih banyak benda atau tempat bersejarah yang hingga kini masih menjadi misteri lantaran minimnya referensi, baik yang tertulis maupun cerita lengkap dari masyarakat setempat.

Salah satunya adalah penemuan empat unit meriam di Desa Air Umban Kecamatan Pino, Bengkulu Selatan. Meriam ini bentuknya unik, tidak seperti meriam peninggalan penjajahan atau zaman perang pada umumnya yang berukuran besar dan panjang. Empat unit meriam ini ukurannya sangat kecil. Seukuran pergelangan tangan orang dewasa atau berdiameter sekitar 4 centimeter dengan panjang sekitar 30 centimeter.

Empat unit meriam mini tersebut ditemukan warga (namanya memang dirahasiakan), pada tahun 1945 atau tahun dimana Kota Nagasaki dan Horishima dijatuhi bom atom oleh tentara sekutu. Empat unit meriam mini ini saat ini sudah terdaftar sebagai benda cagar budaya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Selatan.

BACA SELENGKAPNYA….