Musyawarah RKPdes Desa Gunung Sakti Dwarnai Rasa Kecewa Camat Manna

by

 

Lintasbengkulu.com, Manna – Pemerintah desa Gunung Sakti Kecamatan Manna menggelar musyawarah RKPdes sekaligus musyawarah persiapan pemilihan anggota BPD, Rabu (11/09/2019).

Dalam musyawarah yang berlangsung di Balai desa setempat tersebut di hadiri Camat Manna Turman Wabas, Danramil serta Babinsa Kecamatan Manna, Pendamping desa dan masyarakat desa Gunung Sakti.

Dalam sambutannya, Turman Wabas selaku camat Manna menyampaikan keluhan terkait minimnya animo masyarakat dalam menghadiri musyawarah desa.

“Aku kinak yang datang tiap musyawarah jemau-jemau inilah. (Saya lihat setiap musyawah orangnya ini-ini saja. Misal yang adau SK di dusun ini diajung datang galau,makau ndiak kemuat agi ruangan ni. (Seandainya yang ada SK pengurus semuanya hadir, saya yakin ruang ini pasti penuh). Jadi tolong dengan pak Kades dan perangkatnya agar masalah ini lebih di perhatikan,” kesal Camat.

Lebih lanjut, Turman juga meminta agar pembangunan desa Gunung Sakti jangan terfokus ke sarana fisik saja.

“Pemberdayaan masyarakat juga sangat perlu,” ujarnya.

Sementara itu dalam musayawarah ini, dari perwakilan BPD menyampaikan beberapa pembangunan-pembangunan yang sudah masuk agenda namun belum terlaksana. Diantaranya pengadaan lampu jalan, pembangunan pagar makam, peningkatan gedung serba guna, dan pengadaan gedung BPD.

Adapun beberapa usulan masyarakat dalam musyawarah ini di antaranya, pembukaan badan jalan, pengadaan tenda desa, pengadaan sumber air bersih dan pengadaan hewan ternak.

Terkait usulan masyarakat tersebut, Ketua BPD Afsirmin mengatakan, bahwa pihaknya akan menampung semua usulan dan akan membicarakannya kepada elemen-elemen yang membidangi.

Musyawarah kali ini juga di warnai beberapa protes dari warga, salah satunya dari saudara Muan yang juga menjabat anggota LPM. “Tolong pak kades pembangunan dusun kitau ni jangan bejubal di jughu itu ajau, arahkah dikit ke ilir atau kebada lain. Karnau aku peratikah tiap pembangunan maju bejubal di jughu itulah.” ujarnya semangat.

Menanggapi keluhan warga terkait kegiatan pembangunan yang dianggap tidak merata dan kurang adil itu, Kades Gunung sakti Nadiman berjanji akan mengevaluasi segala kekurangan yang ada dan akan berusaha untuk melaksanakan pembangunan yang lebih merata. (Dankco)