Nilai SAKIP Rendah, Plt Bupati BS Dampingi Kepala OPD Bimtek

by

Lintasbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan pada tahun lalu menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan nilai C.

Dengan nilai yang cukup rendah tersebut tentu saja membuat Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi tidak puas.

Oleh sebab itu, pada bimbingan teknis SAKIP yang dilaksanakan Kemenpan RB, shingga mengharuskan Plt Bupati Gusnan Mulyadi untuk ikut mendampingi sejumlah kepala OPD dan bagian perencanaan dari 40 OPD jajaran Pemkab Bengkulu Selatan dalam mengikuti Bimtek.

“Alasannya ini tidak lain supaya predikat SAKIP kita meningkat dari tahun lalu. Nilai C bukanlah suatu kebaikan dari sistem pemerintahan kita. Maka dari itu harus ada pembenahan. Masih terlalu banyak kebocoran anggaran kita sehingga menyebabkan nilai SAKIP kita rendah,” kata Gusnan ketika dihubungi melalui telpon pribadinya.

Dia berharap dengan mengikuti bimtek SAKIP ini nilai SAKIP Pemkab Bengkulu Selatan dapat meningkat dari tahun sebelumnya.

“Ya, paling tidak meningkat jadi B. Namun bidikan kita setelah ikut bimtek SAKIP ini nanti nilainya A,” tandas Gusnan.

Diketahui penghargaan SAKIP merupakan apresiasi KemenPAN-RB pada sejunlah daerah berdasarkan sistem pengelolaan pemerintahan yang dilaksanakan selama satu tahun.

(MC)