Pasir Biji Besi di Kaur Perkubikasinya Cuma Dihargai 20 Ribu Rupiah

99 views
tambang-besi

Inilah tambang pasir besi yang dikelola Koperasi Wahana Bahari Kaur

Lintasbengkulu.com, Kaur – Tambang pasir biji besi yang berada di Desa Merpas Kecamatan Nasal saat ini kembali beroperasi. Namun sangat disayangkan, lokasi tambang pasir besi ini berada sekitar 10 meter dari permukiman penduduk.

Menurut salah seorang warga Merpas yakni Suyatno, kepada lintasbengkulu.com mengatakan, bahwa pasir biji besi itu di jual kepada pihak Koperasi Wahana Bahari Kaur.  “Perkibiknya dijual dua puluh ribu upiah, itu juga kalau kadarnya bagus. Kalau kadarnya rendah kadang-kadang di bayar seharga 14.000 perkubikasinya. Setiap barang yang akan di bayar selalu di cek terlebihdahulu (di goreng),” ujar Suyatno.

Terkait izn usaha pertambangan, Kepala Dinas Pertambangan ESDM Kabupaten Kaur Buyung Wiadi, melalui Kabid Pertambangan Edi Firmansyah, dijelaskan Kasi Pertambangan Yanto, kepada wartawan mengatakan, bahwa dirinya tidak paham tentang IUP (Izin Usaha Produksi) tambang pasir biji besi yang dikelola Koperasi Wahana Bahari Kaur tersebut.

Menurut Yanto, saat ini perizinan tidak lagi di Kabupaten, semuanya di Propinsi. “Kalau maslah ijin lokasi dan ijin lingkungan kemungkinan yang lebih paham atasan saya (Kabid), sebab tambang biji besi ini termasuk Pertambangan umum,” katanya.

Hingga berita ini di lansirkan, pihak Koperasi “WBK” Belum bisa di minta komfirmasinya. Sebelum pengapalan pasir biji besi ini di olah di tempat pengolahan di Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal. (rza)

Related Post

loading...