Pembangunan Mercusuar Navigasi Pasar Lama Bintuhan Mulai Dikerjakan

by
Papan Merk Pembangunan Menara Navigasi di Kaur
Papan Merk Pembangunan Menara Navigasi di Kaur
Lintasbengkulu.com, Kaur – Pembangunan Menara alias Tower Navigasi yang terletak di Desa Pasar Lama Kecamatan Kaur Selatan Kota Bintuhan mulai di kerjakan. Pembangunan Menara Navigasi ini merupakan kegiatan Kementerian Perhubungan Pusat.
Kepala Pelaksana lapangan, Erwin, kepada awak media mengatakan, ketinggian Menara yang dibangun berukuran 25 Meter. Proyek ini di lelang di Pusat. Pembangunan Menara Navigasi adalah pembangunan yang kedua kalinya, sebab Menara yang di bangun pertama sudah tidak layak pakai lagi. Untuk tanah yang di jadikan tempat pembangunan Menara Navigasi itu merupakan tanah Hibah dari Bapak Sholeh warga Bandarjaya Bintuhan, terangnya.
Dijelaskan Erwin, pembangunan Menara Navigasi tersebut terhitung sejak Tanggal 15 Juli sampai dengan 11 Nofember 2016 yang akan datang, dengan nomor Kontrak : 066/KONTRAK/00/SAT-KER-DNV.TPK/VII-16. Sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bapak Danles Hutajulu. Nilai Kontrak lebih kurang 1.2 Miliar Rupiah.
Dengan adanya pembangunan Mercusuar sebagai alat kontrol bagi navigasi kapal laut tersebut disambut baik oleh warga Kabupaten kaur. Mamun disayangkan pembangunan pada kontruksi cor menara itu menggunakan pasir pantai, sehingga dikhawatirkan besi yang digunakan akan cepat berkarat.
“Kami menyambut baik adanya bangunan Mercusuar itu. Dengan dibangunnya menara  yang merupakan sumber cahaya yang di pancarkan dari puncak menara tersebut dapat  membantu navigasi kapal laut. Namun kami mengkhawatirkan besi yang digunakan akan cepat berkarat karena bangunan  balok lateral yang ada diatas pagar menara tersebut diduga menggunakan pasir pantai,” kata Kikif dan Hasril Iswanto warga Kaur. (rza)