Polisi Amankan Empat Ekor Cucak Ijo

by

Lintasbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Petugas kepolisian Polres Bengkulu Selatan mengamankan 4 ekor burung yang dilindungi pemerintah RI. Burung tersebut yaitu, Cucak daun dahi emas sebanyak 3 ekor dan Hijau besar sebanyak 1 ekor.

Ke-empat burung ini di amankan saat akan perjualbelikan oleh salah seorang warga Kelurahan Ibul berinisial ES, Jumat (02/03/2019).

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Rudy Purnomo SIK melalui Kasat Reskrim AKP Enggarsah Alimbaldi, di dampingi Kanit Tipidter Ipda Gunawan mengatakan, ke-empat burung cucak ijo yang diamankan tersebut merupakan hewan yang dilindungi sehingga tidak diperbolehkan diperjualbelikan, di buru ataupun disimpan (pelihara).

“Burung ini kita amankan adalah merupakan atensi langsung dari Bareskrim tentang KSDA,” tegas Kanit Tipidter.

Ada banyak macam jenis burung yang di lindungi yang termasuk dalam UU nomor 05 thn 1990 tentang KSDA yang diatur dalam Permen LHK P.20/2018, terang Gunawan.

“Kalau burung Murai Batu sekarang bisa untuk di pelihara karena dapat di kembang biakan,” ujarnya.

Hukuman pidana bagi pihak-pihak yang memperjualbelikan, memburu, dan menyimpan baik dalam bentuk hidup atau mati tumbuhan dan satwa yang dilindungi, diancam kurungan penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak 100 juta rupiah, demikian Ipda Gunawan. (tom)