Portugal Juara Euro 2016

by

portugal juara eropa 2016

SAINT-DENIS – Tuntas! Satu kata yang tepat untuk menggambarkan penantian panjang Portugal merengkuh gelar perdana di turnamen mayor. Setelah gagal di final Euro 2004 lantaran kalah 0-1 dari Yunani dan notabene Portugal menjadi tuan rumah kala itu, Seleccao das Quinas akhirnya merengkuh trofi Euro.

Hebatnya, tim asuhan Fernando Santos itu melakukannya di tanah Prancis. Perlu diketahui, Prancis memiliki tradisi apik setiap melangkah ke final Euro yakni selalu juara.

Akan tetapi, tradisi apik tersebut di Euro 2016 tak berlaku lagi bagi Les Bleus.

Seperti dilansir JPNN.com, gol tunggal pemain pengganti, Eder, pada menit ke-109 babak perpanjangan waktu membuat Portugal bersorak gembira. Sementara, Prancis harus menangis di depan pendukung sendiri. Momen ketika mereka juara pada 1984 di rumah sendiri tak berbekas.

Ini jelas menjadi akhir bahagia bagi Cristiano Ronaldo terutama. Dia harus meninggalkan lapangan lebih awal karena cedera pada menit ke-25. Tapi, tanpa dia, Seleccao das Quinas justru mampu berjaya. Eder yang tampil menggantikan Renato Sanches pada menit ke-79 menjadi pahlawan.

Umpan matang dari Joao Moutinho berhasil dia konversi menjadi gol. Dan, hingga laga perpanjangan waktu berakhir, skor 1-0 bagi Portugal tak berubah. Portugal pun juara Euro 2016 di tanah Prancis. Kutukan selalu kalah dalam 10 pertemuan terakhir sebelumnya kontra Prancis berhasil dihapus dan menjadi kegembiraan luar biasa. (net/jp)