Ratusan Hektar Sawah Kekeringan, Bupati Gusnan Mulyadi Buka Pintu Air BM 14

by

Lintasbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Pasca perbaikan saluran Utama Irigasi di Kecamatan Seginim, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi pantau kondisi ratusan hektar sawah petani di hamparan Kulus desa Tanjung Menang, Senin (05/08/2019).

Dalam memantau kondisi ratusan hektar sawah petani yang kekeringan akibat perbaikan saluran induk irigasi tersebut, Bupati Gusnan Muyadi yang sering disapa Gundul itu di dampingi Kabid Ketahanan Pangan Distan, Ir Trisman, Camat Seginim Mardalena S.Pd MSi dan Kades Tanjung Menang Mahirun.

“Sebelumnya saya mendapat laporan dari masyarakat petani disini, bahwa ratusan hektar sawah di hamparan Kulus mengalami kekeringan pasca perbaikan saluran induk irigasi. Makanya saya ingin pastikan dan cek langsung. Setelah kita cek lokasi ternyata benar dan akan dicarikan solusinya, kata Gundul.

Untuk mengatasi jangan sampai petani gagal tanam dan gagal panen, Bupati Bengkulu Selatan akhirnya membuka sementara pintu air BM 14 yang berada di desa Darat Sawah Ilir, Kecamatan Seginim.

“Solusinya kita buka sementara sampai seluruh areal persawahan mendapat pasokan air, setelah itu kita tutup kembali agar pembangunan irigasi dapat dilanjutkan. Ya itu solusinya, selanjut saya kira begitu,” ujar Gusnan.

Dengan mendapatkan kembali pasokan air, petani di hamparan persawahan Kulus tersebut mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati BS Gusnan Mulyadi.

“Mewakili para petani, saya atas nama Kepala desa mengucapkan ribuan terimakasih kepada Bapak Bupati. Mudah-mudahan dengan kembali mendapat pasokan air, ratusan hektar padi sawah dihamparan Kulus yang sebelumnya tumbuhnya tidak normalĀ  akan kembali seperti semula,” demikian Kades Tanjung Menang, Hairun. (And)