Rohidin Mersyah Berharap Menwa Menjadi Pelopor Bela Negara

by

Lintasbengkulu.com, Bengkulu – Resimen Mahasiswa (Menwa) Perguruan Tinggi se-Provinsi Bengkulu, melaksanakan pendidikan dasar militer (Diksarmil) bekerjasama dengan Prajurit TNI 041/Gamas, diikuti 42 mahasiswa mulai 15 hingga 19 Maret 2019.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan Kegiatan seperti ini sangat positif bagi mahasiswa untuk menanamkan sikap disiplin, bela negara dan cinta tanah air. Karakter tersebut memiliki nilai berarti dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ikuti kegiatan ini dengan baik dan serius, jika ingin mendapatkan hasil,” ujarnya berpesan saat hadir dalam pembukaan pendidikan dasar militer resimen mahasiswa (diksarmil menwa) Mahadwiyudha XVI di Kompi senapan B/144 Jayayudha, Jumat (15/3).

Menurutnya, Para peserta akan mendapatkan nilai-nilai berharga mengenai kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air. Karakter tersebut tentu menjadi modal dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Rohidin berharap Menwa menjadi Pelopor Bela Negara.

“Menjadi karsa sendiri bagi mahasiswa ketika bergabung dalam resimen mahasiswa, nilai-nilai disiplin dan cinta tanah air akan tertanam. Dan tentu akan memberikan warna tersendiri dalam menjalani aktifitas di kampus,” ucap Rohidin.

Sementara itu, Kasrem 041/Gamas Letkol Arh. M Fatkhurrahman menyampaikan Mahasiswa merupakan komponen masyarakat dan aset bangsa yang harus mendapatkan perhatian. Menwa organisasi pemersatu mahasiswa di kehidupan perguruan tinggi, dengan begitu ditanamkan sikap disiplin yang tinggi, moral, dan mental yang matang untuk menghadapi situasi sulit. Terakhir, peserta harus mengikuti setiap kegiatan dengan penuh semangat, kesungguhan, ikuti arahan pelatih, dan disiplin agar mendapatkan hasil.

“Menwa diharapkan menjadi pelopor terdepan dalam usaha bela negara di lingkungan kampus. Sikap yang tertanam harus diimplementasikan dengan baik dan bijak tergantung situasi,” ujar Letkol Fatkhur saat menjadi pembina upacara. (MC)