Sri Gusti Sabanah: Mari seru-Seruan di Perpuseru

by
perpuseru-pelatikan
Foto bersama usai acara pelantikan pengurus Bunda Literasi BS

LINTASBENGKULU.COM, Bengkulu Selatan – Dalam rangka menumbuhkan kesadaran serta komitmen untuk pengembangan perpustakaan desa. Selasa (27/12/16) Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud, melantik Pengurus Bunda Literasi Kabupaten Bengkulu Selatan. Pelantikan pengurus Bunda Literasi Kabupaten BS ini dihadiri oleh Kepala Perpusda Sri Gusti Sabanah beserta staf, Camat, Kepala Desa dan para pengurus Perpusdes.

Dalam sambutannya Bupati BS Dirwan Mahmud mengatakan, dengan telah dilantiknya pengurus bunda literasi Kabupaten BS ini, diharapkan Perpusdes (Perpustakaan Desa) dapat diminati oleh pembaca.

“Saya harap nantinya Perpusdes ini dapat menjadi wadah masyarakat di desa untuk menimba ilmu. Sebab ilmu pengetahuan sangat penting, terlebih lagi dengan adanya kemajuan ilmu teknologi (IT),” ujar Dirwan Mahmud.

Sementara itu Kepala Perpusda Kabupaten Bengkulu Selatan Sri Gusti sabanah, usai acara yang diinisiasi Coca cola Foundation ini kepada awak media mengatakan, untuk mencapai visi dan misinya ada beberapa strategi pokok yang harus dilaksanakan pada program Perpuseru tersebut, kata dia.

“Pertama peningkatan kapasitas staf perpustakaan, penyediaan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK), advokasi dan membangun kemitraan, serta tidak luput selalu monitoring dan evaluasi,” ujar Sri Gusti.

Ditambahkannya, untuk kabupaten Bengkulu Selatan, Perpuseru di tahun 2016 ini telah memberikan stimulan kepada 4 Perpustakaan Desa (Perpusdes) di Kabupaten ini, yaitu masing-masing berupa 3 unit Komputer lengkap. “Bantuan tersebut diperoleh dari Coca cola Foundation, dan diberikan ke Pepusdes Desa Pasar Pino, Kecamatan Pino Raya, Desa Padang Manis dan Desa Melao Kecamatan Manna, serta Trans Sulau Kecamatan Kedurang Hilir,” terangnya.

Disampaikan Srigusti Sabanah, sekarang ini Perpustakaan Daerah BS membuka pendaftaran untuk pelatihan Teknologi Informasi Komputer (TIK). “Saat ini sudah ada 120 pendaftar,” tutupnya. (tom)