Tiga Pelaku Pembobol Rumah Kosong Jalan Pemangku Basri Diringkus Polisi

by
Kapolres menunjukan alat pencongkel rumah korban yang di gunakan pelaku.

//Satu Diantaranya Berstatus Pelajar//

LINTASBENGKULU.COM, BS – Tiga orang pelaku pembobol rumah Ilinudin (48), warga Jalan Pemangku Basri, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Pasar Manna Bengkulu Selatan (BS) yakni, RA (19) warga Jalan Buldani Masik (baru tamat sekolah), RHP (17) warga Jalan SD 05 ujung (eks pelajar) dan Pi (17) yang berstatus masih pelajar warga Jalan Mesatip Kelurahan Gunung Ayu Kota Manna diringkus Polisi.

Adapun kronologis penangkapan, bermula tim Opsnal Polres Bengkulu Selatan mendapat informasi bahwa salahseorang tersangka yakni RA sedang berada di Warnet KAILA. Dengan  dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim AKP Enggarsah Alimbaldi beserta Kanit Pidum Iptu Sukamto. Tim Opsnal bergegas menuju warnet KAILA dan berhasil mengamankan pelaku RA. Setelah pengembangan kasus, ternyata pelaku RA dalam aksinya tidak sendirian, namun bersama dua orang temannya yakni RHP dan Pi.

“Kedua temannya ini juga berhasil diringkus tim Opsnal Polres Bengkulu Selatan dalam operasi musang 2018, Senin (23/07/18) kemarin malam,” kata Kapolres BS Rudy Purnomo SIK MH didampingi Kasat Reskrim AKP Enggarsah Alimbaldi dan Kanit Pidum Iptu Sukamto, dalam Press Conference, Selasa (24/07/18).

Diungkapkan Kapolres, saat pelaku beraksi, rumah dalam keadaan kosong yang ditinggal pemilik ke luar kota. Dengan cara mencongkel pintu depan dengan menggunakan linggis dan sebila parang. Ketiga pelaku berhasil membawa kabur 2 unit laptop, 2 unit pelg motor, 1 tas koper, 2 unit carger laptop dan uang tunai Rp 3,5 juta.

“Kalau 2 unit laptop, 2 unit pelg motor, 1 tas koper serta 2 unit carger laptop belum sempat dijual dan berhasil diamankan tim Opsnal. Tapi kalau uang Rp 3,5 juta itu telah habis digunakan pelaku untuk poya-poya,” kata Rudy Purnomo.

Dijelaskan Kasat Reskrim Alimbaldi, kejadian pencurian dengan pemberatan ini diketahui korban setelah pulang dari Bengkulu pada tanggal 13 Juli 2018 sekira pukul 16.40 WIB beberapa hari yang lalu.

“Setibanya dirumah, korban bersama istri mendapati pintu depan rumah sudah rusak dibobol pencuri. Saat korban Ilinudin bersama istri masuk kedalam rumah ternyata seisi rumahnya sudah berantakan, dan barang-barang berharga miliknya raib. Korban pun akhirnya melaporkan kejadian ini ke pihak kepolosian,” jelas Kasres.

Dhimbau kepada warga Bengkulu Selatan untuk dapat bekerjasama membantu pihak kepolisian dalam memerangi kejahatan di wilkum Polres BS. “Segera aktifkan lagi poskamling dan ronda malamnya. Setidaknya dengan bantuan masyarakat dapat meminimalisir angka kejahatan di bumi sekundang ini. Mari bersama menjaga Kamtibmas,” ajak Kapolres.

Bukan hanya itu, tim opsnal Polres BS juga mengamkan 5 orang pelaku pencurian  lainnya dalam tempo 2 minggu pada operasi Musang Nala 2018 ini. Satu orang pelaku dengan modus yang cukup unik, yaitu dengan memerankan wanita sebagai umpan dalam aksinya.   (tom)