Tipikor Polres BS Temukan Kerugian Negara Ratusan Juta Pada Proyek Optimasi Lahan

76 views
AKBP

Kapolres BS AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK

Lintasbengkulu.com – Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Bengkulu Selatan (BS) menemukan adanya kerugian Negara sebesar Rp 176,4 Juta dari pagu dana Rp 720 Juta dalam kegiatan pekerjaan optimasi lahan Dinas Pertanian Bengkulu Selatan tahun anggaran 2015 yang lalu.

Setelah diketahui adanya kerugian Negara, kasus ini sudah di tingkatkan dari penyelidikan  kepenyidikan. Ditemukan kerugian Negaranya sekitar Rp 176,4 Juta, kata Kapolres BS, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH.SIK didampingi Kasat Reskrim, Iptu Rizqi Akbar dan Kanit Tipikor, Ipda Deni Siregar SH, Senin (18/72016).

Menurut kapolres, jumlah kerugian negara tersebut baru berdasarkan hasil audit investigasi dan estimasi sementara. Namun tidak menutup kemungkinan kalau nantinya berdasarkan hasil audit BPK kerugian akan lebih besar lagi, ujar Yogi.

Untuk menuntaskan proses penyelidikan hingga ke penyidikan, lanjut Kapolres, pihaknya sudah memeriksa 41 saksi. Dari pihak Dinas Pertanian sebanyak 9 orang, kemudian dari Kelompok Pertanian (Poktan) penerima bantuan sebanyak 30 orang, dari pihak penyedia barang sebanyak 1 orang dan  dari ahli program kegiatan sebanyak 1 orang.

“Terhadap proses penyelidikan kasus tersebut, saksi yang kami hadirkan ada 41 orang,” ujarnya.

Hanya saja, item-item kegiatan yang menimbulkan kerugian negara hingga p 176,4 juta tersebut, Kapolres belum mau membeberkannya. Dengan alasan saat ini masih proses penyidikan. Namun dirinya memastikan setelah penyidikan selesai, siap membeberkan item kegiatan yang merugikan negara dan nama-nama calon tersangkanya.

“Saat ini masih proses menyidikan, sabar dulu, jika sudah selesai akan kami publikasikan semuanya,” kilah Kapolres.

Sekedar mengingatkan, tahun 2015, pada dinas pertanian BS, ada program optimasi lahan dengan dana Rp 720 juta. Dana tersebut diperuntukan bagi 30 Poktan untuk bantuan pupuk dan pengolahan lahan pertanian. (cw1)

 

 

Related Post

loading...