Waspada Virus Mematikan “Campak Rubella”

by
dr Erni SpA saat mensosialisasikan dampak Campak Rubella di Aula Dinkes

//Segera Imunisasi Anak Anda//
LINTASBENGKULU.COM,BS – Rubella atau yang dikenal Campak Jerman ini, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Virus. Virus rubella ini menyebar melalui bersin atau ingus orang yang terinfeksi oleh penyakit rubella.

Akibat terserang penyakit campak jerman ini penderita akan mengalami ruam merah dan suhu badan tinggi dan berakhir kematian apabila tidak sesegera mungkin di cegah atau diobati.

Gejala utama rubella lainnya adalah, pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar telinga dan belakang kepala, badan panas hingga bersuhu 38 derajat celcius atau lebih, dan badan menggigil. Gejala yang kurang umum lainnya pada orang dewasa adalah peradangan dan nyeri sendi.

Penyakit yang disebabkan oleh campak jerman ini biasanya menyerang pada anak-anak. Bagi wanita hamil, rubella adalah penyakit yang bisa menyebabkan konsekuensi serius sehingga sesegera mungkin untuk berkonsultasi dengan dokter.

Kadinkes Redwan Arif membuka acara

“Untuk mencegah atau mengobati campak rubella yang menyerang pada anak-anak jangan takut untuk diimunisasi,” kata dokter specialis anak, Erni SpA, pada pertemuan pencanangan pelaksanaan kampanye MR tingkat Provinsi di gedung Aula Dinkes Kabupaten Bengkulu Selatan, Senin (23/07/18).

dr Erni SpA menyampaikan dampak Rubella

Lanjut dokter Erni, khusus wanita hamil yang tidak memiliki kekebalan terhadap virus rubella, dia bisa menularkannya kepada anaknya yang belum lahir. Sehingga Virus ini dapat menyebabkan sejumlah cacat lahir yang dikenal sebagai cacat bawaan.

“Cacat lahir ini termasuk cacat mental, katarak, tuli, ketidaknormalan jantung dan pertumbuhan janin lebih lambat dari janin normal,” demikian dr Erni menjelaskan dampak dari Campak Jerman yang mematikan ini. (ADV)