Dinas PUPR Provinsi Alokasikan Rp 19 Miliar Untuk Pembangunan Link Jalan di Bengkulu Selatan

by
Salah satu jalan di Bengkulu Selatan selesai dikerjakan tahun 2019. Foto Bidang Bina Marga Dinas PUPR Prov Bengkulu

Lintasbengkulu.com, Bengkulu Selatan – Di tahun 2020 ini Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi meng-alokasikan dana lebih kurang Rp 19 Miliar untuk pembangunan link jalan Provinsi di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Peruntukan alokasi dana tersebut diantaranya yaitu, untuk pembangunan jalan link Gedung Agung – Simpang Kayu Kunyit – Sukarami Kecamatan Air Nipis, dengan alokasi anggaran Rp 9,7 Miliar.

Selajutnya untuk Pengaman sungai Rp 6,7 Miliar, Pengaman jalan desa Kurauan – Pinju Layang dan Padang Lebar Rp 200 juta. Pengaman jalan Kelutum – Simpang Pino Rp 200 juta dan pengaman jalan desa Ketaping Rp 200 juta.

“Sementara untuk pemeliharaan jalan Provini di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan di anggarkan dana sebesar Rp 2 Miliar,” kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu Ir Mulyani Toha melalui Kabid Bina Marga, Septi Erwadi.

Untuk Gapura tapal batas Bengkulu Selatan-Sumsel, informasi di peroleh lintasbengkulu.com tetap dilanjutkan dengan anggaran sesuai dengan pagu yang ada sebelumnya.

Dikonfirmasi terkait pembangunan pelebaran jalan mulai dari simpang tugu Kayu Kunyit Kecamatan Manna hingga desa Sukaramai Kecamatan Air Nipis, pada tahun 2020 ini akan di kerjakan sebatas peningkatan.

“Sebenarnya pada tahun 2019 kemarin sudah dianggarkan sebesar Rp 14 Milyar untuk pelebaran jalan dari tugu Kayu Kunyit sampai Batu Balai. Namun terkendala dengan pembebasan lahan sehingga tertunda. Saat ini kita masih melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait pembebasan lahan ini. Tahun ini baru sebatas peningkatan. Kalau Simpang Kedurang-Batu Balai sudah dilaksanakan tahun 2019 kemarin,” kata Septi Erwadi kepada media ini, Minggu (19/01/2020).

Lanjut Kabid Bina Marga Prov, Untuk perbaikan jalan desa Suka Rami – Batu Balai yang putus akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu itu akan di bangun ditahun 2020 ini juga. Anggarannya masuk di link jalan Gedung Agung-Kayu Kunyit-Sukarami. Kegiatan ini akan dikerjakan paling lambat bulan Maret.

“Untuk jembatan Sebilo-Kota Bumi terus dilanjutkan dan hampir selesai,” punkasnya. (tom)